JATIMTECH.com – Sebuah metode baru telah diciptakan untuk mencetak tulisan pada kertas menggunakan kilatan cahaya yang mana di gadang-gadang jauh lebih murah dan efektif dari pada berbasis tinta tradisional biasanya. Para ilmuwan telah mengembangkan sebuah lapisan nanopartikel khusus yang mudah untuk diterapkan ke kertas biasa dan merubah warna cahaya ultraviolet (UV) yang bersinar di atasnya. Perubahan warna juga dapat dibatalkan pada saat lapisan dipanaskan sampai 120 derajat Celcius (248 derajat Fahrenheit) dan memungkinkan untuk 80 penulisan ulang.

Tim peneliti dari Amerika Serikat dan China mengatakan bahwa teknik mereka adalah resolusi baru dengan cahaya pencetakan yang mana dapat digunakan dari kertas koran. Kelebihan lainnya adalah juga mampu menghemat biaya tinta dan kertas; dan biaya lingkungan dari daur ulang mereka. Kertas cahaya yang dicetak khusus dapat dicetak dan dihapus berulang kali tanpa perlu tinta tambahan kata salah satu tim peneliti, Yadong Yin dari University of California, Riverside, mengatakan Phys. org.

Pekerjaan mereka dipercaya memiliki manfaat ekonomi dan lingkungan yang sangat besar untuk masyarakat modern saat ini. Dua jenis nanopartikel digabungkan untuk lapisan baru yaitu biru prusia, yang mana merupakan pigmen biru yang digunakan dalam cat yang ternyata tidak berwarna ketika mendapatkan elektron dan titanium dioksida (TiO2), yaitu bahan fotokatalitik yang mempercepat reaksi kimia dalam menanggapi sinar UV. Dua zat ini bersama-sama mendapatkan lapisan yang biru yang solid. Tambahkan beberapa sinar UV dan partikel TiO2 dapat melepaskan elektron yang mengubah warna pigmen biru Prusia. Metode dasarnya dibuat dari cetakan bagian kosong dari halaman.

Para ilmuwan mengatakan kekurangan dari alat cetak ini adalah pencetakan mampu bertahan setidaknya lima hari sebelum perlahan memudar kembali ke biru, tapi proses ini dapat memudar jika panas diterapkan. Para peneliti berharap teknologi ini mampu menjadi cukup murah untuk menjadi berguna ketika dibuat pada skala komersial dan tidak hanya itu, ini akan menjadi bisnis yang memberi keuntungan besar dari biaya produksi yang lebih efesien, karena manfaat lingkungan juga yang mana hingga saat ini 40 persen sampah di AS dibuang dari kertas yang diansir dari Sciencealert, Minggu (05/02/2017).