Internet

Pandit Ravi Shankar, Dewa Sitar Jadi Google Doodle Hari Ini

JATIMTECH.com – Pandit Ravi Shankar adalah seorang musisi sekaligus komposer terkenal India. Sebagai komposer, Ravi Shankar dikenal sebagai salah satu komposer terbaik musik klasik Hindustani. Namun tahukah sobat, apa yang membuat Pandit menjadi terkenal? Ravi Shankar bisa menjadi terkenal karena kemampuannya dalam memainkan alat musik berdawai yang sering disebut sitar.

Mungkin sobat bertanya-tanya, apa itu sitar? Sitar adalah alat musik petik khas India dan masih satu klan dengan kecapi. Gitar sitar ini biasa digunakan untuk mengiringi tarian India. Sitar memiliki bentuk neck (leher) cukup panjang dan body berongga labu. Banyak juga yang mengatakan jika sitar merupakan perpaduan gitar dan biola.

Alat musik sitar inilah yang membuat Ravi Shankar menjadi terkenal hingga saat ini. Walaupun pada awalnya sang dewa sitar ini bukanlah pemain sitar. Melainkan seorang penari yang sering ikut kakaknya, Uday Shankar tur keliling Eropa. Pada tahun 1938 Ravi berhenti menari dan mulai belajar sitar dari seorang master sitar Allauddin Khan. Hingga akhirnya Ravi Shankar dikenal sebagai seorang ahli sitar. Namanya pun sering diawali dengan “Pandit”.

Sebagai bentuk penghargaan sekaligus merayakan ulang tahun Ravi Shankar yang ke-96. Tim Google Doodle menjadikan Pandit Ravi Shankar sebagai Google Doodle hari ini. Dalam gambar Doodle art kali ini, doodler menggammbar Doodle sitar khas Pandit.