Home » Sains » Orang Pendek Lebih Rentan Terkena Serangan Jantung

Orang Pendek Lebih Rentan Terkena Serangan Jantung

Beberapa peneliti kesehatan di Inggris menemukan sebuah fakta mengejutkan. Mereka berani mengungkapkan bahwasanya orang pendek lebih rentan terkena serangan jantung. Peneliti ini membuat perbedaan pada setiap 2,5 inci tinggi seseorang dengan kemungkinan terkena serangan jantung sebesar 3,5 persen.

Sebagai contoh, seseorang yang memiliki tinggi 5 kaki memiliki resiko rata-rata terkena serangan jantung 32 persen lebih tinggi. Angka rata-rata tersebut muncul jika dibandingkan dengan orang yang memiliki tinggi 5 kaki 6 inci.

Tim dari peneliti Inggris melakukan riset terhadap 18.000 orang. Dari 18.000 orang itu juga terdapat sejumlah orang yang masuk dalam kategori orang pendek. Peneliti mengidentifikasi gen pada setiap orang. Gen tersebut merupakan gen yang mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.

Seorang profesor kardiologi yang juga kepala departemen sains kardiovaskular membenarkan fakta ini. Dr. Nilesh Sarmani menyebutkan bahwa orang pendek lebih rentan terkena serangan/penyakit jantung. Profesor dari universitas Leichester ini mengungkapkan bahwa penyakit jantung koroner lebih sering menimpa pada orang pendek. Daripada orang-orang dengan postur yang lebih tinggi.

Spekulasi tentang korelasi tinggi badan dengan resiko penyakit jantung memang sudah lama berhembus. Namun, baru saat ini dapat dibuktikan kebenarannya. Peneliti menemukan bahwa beberapa gen telah mempengaruhi pertumbuhan sel-sel arteri dan jantung. Hal ini menyebabkan mereka (orang pendek) lebih rentan terhadap penyumbatan (aterosklerosis).

Sumber : zmescience