Tech News

Opera Browser untuk Windows dan MacOS Diperbarui, Tangkal Cryptocurrency Mining

Opera Software baru saja merilis browser desktop Opera 50 terbaru untuk Windows, MacOS, dan Linux. Pembaruan ini mencakup banyak fitur baru seperti fitur anti-kriptomining dan dukungan Chromecast & VR 360 untuk headset Oculus VR.

NoCoin Anti-Cryptocurrency Mining

Seperti yang telah disinggung di awal, browser Opera 50 memiliki fitur NoCoin yang membantu memblokir halaman web yang secara diam-diam menggunakan skrip penambangan Cryptocurrency. Opera baru-baru ini menyatakan bahwa NoCoin akan bekerja pada perangkat lunak pencekal iklan. Pengembang browser juga mengklaim bahwa Opera 50 adalah browser pertama yang menambahkan perlindungan terhadap serangan semacam ini.

NoCoin bisa ditemukan dengan masuk ke Settings (Preferences on macos) > Basic > Block Ads. Pilihannya akan terlihat di bawah menu Recommended lists.

Opera Browser untuk Windows dan MacOS Diperbarui, Tangkal Cryptocurrency Mining

Dukungan Chromecast

Opera 50 juga menambahkan dukungan casting untuk pemutaran Chromecast. Untuk mengakses fitur ini, masuk ke Settings (Preferences on macos)> Browser> User interface dan pilih opsi ‘Enable Chromecast support’. Setelah diaktifkan, ikon Chromecast akan muncul di lokasi yang relevan untuk memutar video, membuat tab, dan membuang keseluruhan tampilan desktop.

Dukungan Oculus dan perangkat tambahan VR

Opera VR Player sekarang dapat diakses oleh semua pengguna Oculus Rift. Opera 50 telah menambahkan dukungan VR360 ke Oculus Rift di browser web. Pembaruan juga menambahkan deteksi berbasis JavaScript untuk situs web tertentu.

Upgrade lainnya termasuk unit converter yang lebih baik yang sekarang mendukung konversi dari milimeter sampai inci. Selain itu, layanan VPN inbuilt gratis sekarang dipindahkan ke pusat data milik Opera guna memberi pengalaman yang lebih baik.