Nokia Sudah Positif Akuisisi Alcatel-Lucent

Nokia benar-benar serius ingin mengakuisisi Alcatel-Lucent, setelah sebelumnya melakukan pendekatan terhadap Alcatel. Proses pembelian ini diharapkan bisa rampung pada paruh pertama 2016 mendatang.

Untuk mengakuisisi Alcatel-Lucent, Nokia setuju menebus unit bisnis Alcatel itu dengan angka sebesar US$ 16,6 miliar atau sekitar Rp 215 triliun. Dengan berpindahnya Alcatel-Lucent ke tangan Nokia, diharapkan posisi Nokia bisa lebih kuat dalam bersaing dengan Ericsson dan Huawei di bisnis telekomunikasi.

Meski masih berada dibawah Ericsson yang memiliki pangsa 40 persen, namun bergabungnya Alcatel-Lucent dengan Noka membuat pangsa pasar perusahaan asal Finlandia ini secara otomatis naik sebesar 35 persen, berada diatas Huawei yang hanya menguasai 20 persen pangsa pasar. Proses akuisisi ini tidak akan memberikan perubahan apapun di internal Alcatel-Lucent. Perusahaan akan tetap berbasis di Perancis dan tetap mempekerjakan karyawan yang ada saat ini.

Akuisisi Alcatel oleh Nokia ini sebenarnya membuat harga saham Nokia anjlok sebesar 7 persen karena investor cemas dengan Alcatel-Lucent yang merugi. Disisi lain harga saham Alcatel malah sebaliknya yang mengalami kenaikan.

Dalam membeli unit bisnis Alcatel ini, Nokia sebelumnya dilaporkan menggunakan uang hasil penjualan salah satu unit bisnis pemetaan miliknya, HERE Maps yang saat ini memiliki kisaran nilai sebesar US$ 6,9 miliar.

DON'T MISS

Tulis Komentar