Home » Tech News » Nokia Berhenti Garap Kamera VR Ozo, Rumahkan Ratusan Pegawainya

Nokia Berhenti Garap Kamera VR Ozo, Rumahkan Ratusan Pegawainya

Nokia mengatakan bakal menghentikan pengembangan kamera virtual reality Ozo, yang juga menyebabkan 310 staffnya kehilangan pekerjaan di Finlandia, Amerika Serikat, dan Inggris. Nokia juga mengatakan bahwa perubahan tersebut disebabkan oleh perkembangan pasar VR yang lambat dari yang diharapkan, dan sebagai alternatifnya, Nokia akan berfokus pada lisensi paten dan perawatan kesehatan digital.

Baru dua tahun yang lalu Nokia mengumumkan sistem kamera Ozo dan memposisikannya sebagai pilihan high-end bagi para pembuat film untuk mendapatkan video 360 derajat. Kameranya dijual seharga $60.000, setelah dipotong dengan diskon dan sebagainya, menjadi $45.000. Dalam sebuah pernyataan pers, Nokia mengatakan bakal  mempertahankan komitmen terhadap pelanggan Ozo yang sudah ada, meski tidak menjelaskan apa maksud di balik itu.

Total, Nokia saat ini mempekerjakan sekitar 1.090 staff, sehingga pemutusan hubungan kerja ini menyebabkan mereka kehilangan hampir sepertiga dari angkatan kerjanya. Nokia sekarang akan fokus pada portofolio kesehatan digitalnya, salah satunya Withings, perusahaan yang dibeli pada tahun 2016 .

“Nokia Technologies berada pada suatu titik, di mana dengan fokus dan investasi yang tepat, kami dapat meninggalkan jejak yang berarti di pasar kesehatan digital, dan kita harus memanfaatkan kesempatan itu,” kata Gregory Lee, presiden Nokia Technologies dalam sebuah pernyataan resminya.

Keputusan ini jelas cukup mengejutkan, pasalnya industri virtual reality justru dipandang sedang berkembang ke arah yang benar. Namun pertanyaannya, seberapa lama perusahaan mampu bersabar untuk memperoleh traksi yang tepat untuk memperoleh keuntungan.

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>