Home ┬╗ Sains ┬╗ Nanolaser Liquid Pertama di Dunia

Nanolaser Liquid Pertama di Dunia

nanolaser-liquid
nanolaser liquid (gambar : sciencedaily)

Sebuah teknik pewarnaan yang mengagumkan baru saja dikembangkan oleh peneliti dari Northwestern University, Illinois, United Stated. Mereka berhasil menemukan nanolaser liquid yang bisa berganti-ganti warna secara real time. Nanolaser liquid ini adalah pertama dan satu-satunya di dunia. Ini adalah klaim yang mereka layangkan pada media, menegaskan bahwa teknik pewarnaan seperti ini belum pernah ada sebelumnya.

Nanolaser liquid ini tidak seperti laser konvensional, seperti yang pernah kita lihat sebelumnya. Dimana pada laser konvensional harus menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya bolak-balik melalui media gain (biasanya terdapat pada amplifier). Nanolaser liquid ini mengandung array nanopartikel emas yang reflektif. memungkinkan untuk menghasilkan cahaya yang sama pada skala lebih kecil. Nanolaser menggunakan bahan gain yang solid, sehingga memberikan panjang gelombang tetap seperti yang telah dikembangkan sebelumnya. Tetapi tim dari Universitas Northwestern menggunakan cairan (lebih khusus, pewarna organik) sebagai gantinya.

Penggunaan nanolaser liquid memiliki dua keuntungan besar. Salah satunya adalah bahwa mereka dapat tetap stabil untuk jangka waktu lebih lama. Karena bahan gain cair dapat terus diisi ulang. Keuntungan kedua adalah panjang gelombang mereka merdu. Untuk mengubah panjang gelombang yang dapat mengubah warna, Anda hanya perlu mengubah pewarna cair (perubahan berpotensi besar). Atau bisa juga dengan menggunakan pelarut pewarna (perubahan yang lebih moderat)yang bertempat di saluran mikofluida di atas rongga laser.

Sumber : GizMag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.