Home » Tech News » Mozilla Rilis Firefox Quantum, Diklaim 2x Lebih Cepat dari Chrome

Mozilla Rilis Firefox Quantum, Diklaim 2x Lebih Cepat dari Chrome

Masih make Firefox lawas? Beralih yuk, karena Mozilla baru saja merilis Firefox 57 Quantum yang diklaim dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya dan bahkan dari Chrome, browser milik Google.

Diluncurkan untuk platform desktop Windows, Mac, dan Linux, serta mobile Android dan iOS. Firefox Quantum menghadirkan pembaruan besar-besaran sejak tahun 2004 lalu. Penggodokan Firefix Quantum ini disebut menelan waktu yang tak singkat. Mozilla disebut membutuhkan waktu 6 tahun untuk meneyempurnakan arsitektur dan mesin di dalamnya.

Firefox Quantum diklaim oleh Mozilla mampu bekerja 30 persen lebih enteng/ringan dibandingkan rivalnya, Google Chrome. Memberikan beban yang minimal kepada perangkat, sehingga berjalan lebih mulus tanpa hambatan atau lag.

Tak hanya soal kecepatan. Firefox Quantum juga memberi pengalaman baru bagi pengguna setianya. Kini, dengan keunggulan ini, mereka dapat menggunakan peramban tanpa masalah meski membuka puluhan tab sekaligus dalam satu jendela.

“Ini adalah update terbesar yang Mozilla rilis sejak versi Firefox 1.0 di 2004, jika Anda memasangnya sekarang, Anda akan merasakan betapa besar perbedaannya,” tulis Mark Mayo, Wakil Presiden Senior Firefox di laman resminya.

Berikutnya, Firefox Quantum juga memperoleh tampilan baru yang dinamakan dengan Photon UI. Photon pada Firefox Quantumm menghadirkan tema, item menu, dan desain tab yang lebih segar dan enak dipandang. Ikon di Quantum juga terlihat lebih besar, dengan logo baru dan desain ikon yang lebih rapi, mudah ditemukan.

Fitur lain di Firefox Quantum adalah layanan Pocket yang memungkinkan pengguna menyimpan konten website atau artikel ke daftar bacaan pribadi.

Untuk mencoba Firefox Quantum, Anda bisa memasangnya melalui tautan berikut ini.

Have your say!

0 0