Gadget

Motorola akan Berhenti Buat Smartwatch, Mengapa?

JATIMTECH.com – Motorola telah memutuskan akan berhenti membuat smartwatch. Moto sebagai anak perusahaan Lenovo tidak akan merilis smartwatch berbasis Android Wear 2.0 lagi. Mengapa seolah keputusan yang dibuat Moto begitu tergesa-gesa?

Moto mengamati sendiri bagaimana perkembangan smartwatch di pasaran. Menurut mereka, smartwatch saat ini tidak begitu populer. Oleh sebab itu, Moto 360 terbaru tidak akan dipasarkan di akhir tahun 2016 maupun di tahun-tahun berikutnya.

“Wearable tidak memiliki daya tarik yang cukup bagi kami untuk melanjutkan pengembangannya dari tahun ke tahun,” ungkap Shakil Barkat selaku Head of Global Product Development Moto yang disampaikan kepada The Verge (2/12/2016).

Pernyataan ini mengisyaratkan bahwa Moto akan berhenti memasarkan smartwatch. Sebelumnya, dua vendor smartwatch LG dan Huawei telah menyatakan hal yang sama. Berarti mulai sekarang pengguna smartwatch berbasis Android Wear 2.0 dipastikan akan menurun drastis.

Mendengar hal ini, apa yang bakal dilakukan Google? Apakah Google akan diam saja? Sampai saat ini, Google belum mengatakan apapun. Kemungkinan Google akan membuat terobosan lain agar perangkat wearable terus ‘bernapas’ di pasaran.

Di sisi lain, Motorola sendiri saat ini masih menunggu. Jika suatu saat nanti perangkat wearable kembali ramai di pasaran, maka kemungkinan Motorola akan merilis perangkat wearable lain.