Home » Sains » Mineral Lempung Ternyata Bisa Mengurangi Efek Rumah Kaca

Mineral Lempung Ternyata Bisa Mengurangi Efek Rumah Kaca

mineral-lempung
mineral lempung (gambar : gizmag)

Peneliti asal Norwegia melakukan sebuah penelitian tentang mineral lempung. Mineral lempung (tanah liat) ternyata dapat bermanfaat setelah diteliti kandungan yang ada di dalamnya. Pada lempung terdapat sebuah mineral yang dinamakan smectite atau smektit untuk istilah Indonesia.

Mineral lempung (smektit) digunakan untuk menangkap kelebihan karbon dioksida (CO2). Seperti kita ketahui, bahwa karbon dioksida yang berlebihan dapat merusak lapisan ozon (lapisan pada atmosfer). Apalagi dengan banyaknya bangunan pencakar langit yang menggunakan banyak kaca. Sebuah fenomena yang biasa disebut efek rumah kaca. Banyaknya pabrik manufaktur beberapa tahun belakangan ini juga merupakan salah satu faktor banyaknya karbon dioksida berkeliaran. Pabrik-pabrik tersebut menghasilkan limbah pabrik dalam bentuk asap.

Penelitian mineral lempung ini dipimpin oleh Prof. Jon Ott Fossum dan kandidat PhD Leander Michels. Mereka berdua berasal dari Norwegian University of Science and Technology. Mereka mengatakan bahwa mineral lempung terutama smektit, memiliki kualitas mumupuni untuk mengikat karbon dioksida. Kemampuan smektit diantaranya adalah mampu secara selektif membuat perangkap CO2. Selain itu, smektit dikatakan juga memiliki kebutuhan energi yang rendah dan dapat digunakan kembali.

Salah satu jenis smektit, lithium fluorohectorite dapat menangkap molekul-molekul CO2. Molekul karbon dioksida yang terjebak dalam tekanan ambien, yaitu pada suhu 35 derajat celcius (95 derajat Fahrenheit). Setelah dipanaskan pada titik tersebut, smektit melepaskannya. Untuk kemudian bisa direpurposing dan dikendalikan melalui CO2.

Sumber : gizmag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>