Software

Microsoft Ungkap Surface Laptop dengan Windows 10 S

Microsoft baru saja merilis varian baru Surface dengan nama Surface Laptop. Laptop dengan layar 13,5 inci ini dirancang khusus oleh Microsoft dengan sistem operasi Windows 10 S.

Di acara peluncuran di New York City (7/5/17), VP Devices Microsoft Panos Panay mengatakan jika Microsoft memfokuskan hardware untuk para siswa yang baru lulus SMA.

“Kamu sudah berbicara dengan mereka, mereka meminta laptop Surface. Jadi kamu membuat sebuah laptop, dan ini begitu indah,” ungkap Panay seperti dilansir dari The Verge.

Microsoft Laptop Surface dengan Windows 10 S

Microsoft Surface Laptop
Microsoft Surface Laptop via The Verge

Microsoft Laptop Surface menggunakan keyboard alcantara, sama seperti dengan keyboard di Surface Pro 4, dengan 1,5mm tombol backlight.

Karena berjalan dengan Windows 10S penggung Laptop Surface hanya bisa menginstall aplikasi yang berasal dari Windows Store. Pengguna baru bisa menginstall aplikasi dari luar Windows Store dengan mengupgrade ke Windows 10 Pro.

Laptop Surface berbeda dengan Surface Book 2-in-1 yang bisa dicopot dan beralih fungsi menjadi tablet. Laptop Surface merupakan laptop pada umumnya, dimana layar melekat langsung di bodi.

Spek Laptop Surface

Keyboard Surface Laptop
Keyboard Surface Laptop via The Verge

Laptop Surface tersedia dalam empat varian warna: platinum, burgundy, cobalt blue, graphite gold dengan berat kurang dari 1,3 kg. Microsoft menggunakan layar 13.5 inci PixelSense dengan aspek rasio 3:2.

“Ini merupakan model LCD touch paling tipis yang pernah dibuat di sebuah laptop, komplit dengan 3,4 juta piksel. Layarnya juga mendukung Microsoft Surface Pen, jadi kamu bisa menggambar di layar sama seperti perangkat Surface yang lain,” ungkap Panay.

Microsoft menyematkan Intel Core i5 dan core i7 untuk Laptop Surface ini dengan daya tahan baterai yang mampu bertahan 14.5 jam lamanya.

Pihak Microsoft juga mengklaim Laptop Surface lebih cepat dibandingkan dengan MacBook Pro i7 sekalipun, serta punya daya tahan baterai lebih lama dibandingkan dengan Macbook Air yang tersedia di pasaran saat ini.

Laptop Surface ini memiliki bahan aluminium yang membuatnya tetap dingin. Tidak ada lubang speaker, Microsoft memilih untuk menempatkan speaker tepat di bawah keyboard, jadi suara langsung muncul dari bawah jari pengguna.

Harga Surface Laptop Windows 10S

Panay Panos dengan Surface Laptop
Panay Panos dengan Surface Laptop

Microsoft sudah mulai melakukan preorder Laptop Surface dengan harga $999 untuk seri Core i5, 4GB RAM, dan memori penyimpanan 128GB SSD. Microsoft akan mulai mengirimkan laptop pada 15 Juni mendatang. Belum ada informasi kapan Laptop Surface ini akan mulai dirilis di Indonesia.