Home » Software » Microsoft Cortana akan Tersedia untuk Android dan iOS?

Microsoft Cortana akan Tersedia untuk Android dan iOS?

Microsoft dikabarkan ingin menghadirkan Cortana, aplikasi asisten digital untuk perangkat Android dan iOS. Microsoft ingin mengembangkan asisten suara digital yang lebih canggih dari Siri milik Apple.

Cortana sebelumnya sudah dirilis pada produk Microsoft seperti Windows Phone 8.1 dan pada sistem operasi Windows 10 yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Seperti yang dilansir JatimTech, (13/3/2015) dari Reuter, Satya Nadella selaku CEO Microsoft mengatakan ingin menjual software-nya untuk berbagai platform dan tidak ingin memaksa pelanggan untuk selalu menggunakan Windows. Satya juga mengatakan bahwa sukses di platform lawan dapat membuat market baru.

Saat ini Cortana tengah dikembangkan dalam sebuah proyek kecerdasan buatan yang bernama “Einstein”. Melalui Einstein, Cortana diharapkan bisa mengetahui dimana lokasi pengguna, waktu, dan apa yang akan dilakukan si penggunanya. Albert Einsten yang dikenal brilian tentang ruang dan waktu menjadi inspirasi Microsoft untuk mengembangkan Cortana.

Sebenarnya Microsoft sudah memiliki program asisten digital pada tahun 1995, namun banyak orang menganggapnya konyol. Bila Anda pernah menggunakan OS Windows pada tahun tersebut, mungkin Anda ingat seorang asisten wanita yang akan muncul membantu ketika Anda menemui kesulitan.

Sumber: Mashable, Reuter

Have your say!

0 0