Home » Sains » Mesin Angkut Benda Berat yang Terinspirasi Dari Kaki Tokek

Mesin Angkut Benda Berat yang Terinspirasi Dari Kaki Tokek

mesin-angkut
mesin angkut (gambar : berkeley)

Seperti kita ketahui bahwa hewan reptil mempunyai kemampuan khusus yang tidak dimiliki hewan lainnya. Contohnya tokek, yang dapat menempel di dinding dalam waktu cukup lama. Karakteristik kaki tokek ini menginspirasi para ilmuwan untuk menciptakan mesin angkut benda berat.

Biasanya, untuk mengangkut benda berat diperlukan mesin angkut yang memiliki capit atau penjepit untuk memindahkan benda berat dari satu tempat ke tempat lain. Dengan adanya mesin angkut benda berat yang terinspirasi dari kaki tokek ini, pekerjaan akan menjadi semakin mudah. Karena para ilmuwan tersebut menyeting mesin angkut agar mudah dibuat on-off. Jadi pada saat mesin angkut menempel pada benda berat, elemen perekat akan dengan mudah dinyalakan dan dimatikan.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan asal Leibniz Institute for New Materials (INM), Jerman. Mereka menggunakan pilar-pilar mikroskopis buatan, yang memungkinkan alat perekat pada mesin menempel dengan mudah pada setiap permukaan benda. Kelebihan lain dari mesin angkut ini adalah mesin tidak harus ditarik keluar untuk melepaskan benda. Melainkan, benda akan terlepas sendirinya saat daya magnetnya dimatikan.

Sumber : gizmag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.