Menkominfo Rudiantara Sarankan Ganti SIM Card Gemalto

Menkominfo Rudiantara menungkapkan reaksinya atas isu penyadapan pada SIM Card buatan Gemalto. Hal itu diungkapkan mantan dirut Indosat tersebut di saat kunjungannya di acara 4G & Rich Content di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Dikutip JatimTech dari DetikInet, Rudiantara menjelaskan algoritma menjadi penyebab utama kebocoran pada kartu SIM. Jika algoritma tersebut disebar, maka bukan tidak mungkin jaringan tersebut dapat disadap.

Isu penyadapan mulai santer terdengar semenjak mantan agen rahasia NSA, Snowden mengatakan Indonesia menjadi target penyadapan melalui SIM card buatan Gemalto. Selain dari National Security Agency (NSA), Government Communication Headquarter (GCHQ) dari Inggris juga dikatakan ikut terlibat.

Pihak operator  menanggapi isu penyadapan ini dengan nada sumbang. Sebut saja Indosat, Telkomsel, XL Axiata, 3, kompak membantah jaringan mereka terhindar dari kebocoran data. Meski memakai kartu SIM Gemalto, namun mereka siap jika dilakukan investigasi lebih mendalam oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

DON'T MISS