Home » Internet » Cyber Life » Menkominfo Menyarankan Para Pelaku Internet untuk Pindah ke Domain .id

Menkominfo Menyarankan Para Pelaku Internet untuk Pindah ke Domain .id

Menkominfo
Menkominfo (Gambar: Kompas)

Tak lama lagi, para pelaku internet akan digerakkan untuk memakai domain web .id (dot id). Hal ini berhubungan dengan rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang akan menggalakkan penggunaan domain tersebut.

Rudiantara selaku (Menkominfo) Menteri Komunikasi dan Informatika menuturkan, “Manfaatnya dari pemakaian domain .id sangat banyak, salah satunya dari sisi kecepatan.”

“Secara teoritis, jika menggunakan domain .id dan hosting server dari dalam negeri, maka akses situs akan lebih cepat. Yang kedua, ada penghematan dari bandwidth internasional,” imbuhnya saat dijumpai Kompas di Hotel Atlet Century Jakarta (7/04/2015).

Jika seseorang dari luar negeri mengakses situs-situs di dalam negeri maka masih dikenakan bandwidth internasional, namun mayoritas transaksi tetap akan terjadi di dalam negeri.

Pada hari senin kemarin (6/4) di kantor Kemenkominfo, Rudiantara juga telah memberikan wacana bahwa akan menggelontorkan dana Rp 50 miliar untuk pengadaan satu juta domain web .id.

“Kita rekomendasikan untuk pakai .id, kalau 2016 nanti kita berikan sejuta domain .id, dananya Rp 50 miliar, coba hitung berapa saving bandwidth-nya kalau yang menggunakan .com pindah ke sini,” ujar Rudiantara.

Written by
It’s not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for - Robert Kiyosaki

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.