Home » Tips & Trik » Menghapus Cache Baik atau Buruk Bagi Smartphone?

Menghapus Cache Baik atau Buruk Bagi Smartphone?

Cache atau tembolok adalah tempat khusus di sebuah smartphone atau komputer yang berguna menyimpan file-file sementara aplikasi, tujuannya adalah agar sistem tak perlu memanggil file tersebut dari awal ketika menjalankan aplikasi yang sama.

Selama ini, ada banyak anggapan buruk yang ditujukan kepada cache. Tapi, benarkah demikian, mengapa cache sering dianggap sebagai musuh?

Sejatinya, cache mempunyai dampak positif dan juga negatif. Dampak positifnya, cache justru membantu aplikasi berjalan lebih cepat. Pasalnya, sistem tidak perlu menjalankan file sistem aplikasi bersangkutan dari awal. Hasilnya, aplikasi bisa berjalan lebih cepat dan mulus.

Jadi, jika ada anggapan bahwa menghapus cache dapat membuat ponsel jadi cepat, tidak sepenuhnya benar. Karena ketika cache aplikasi tertentu dihapus, maka aplikasi tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berjalan lagi dari awal.

Dampak mitos lainnya, menghapus cache tidak membuat baterai lebih awet. Justru sebaliknya, cache yang hilang membuat aplikasi berjalan lebih lambat dan secara otomatis membebani baterai lebih dari biasanya. Hasil akhirnya, baterai justru jadi lebih boros.

Tapi benar sekali, menghapus cache bisa melegakan memori terutama bagi smartphone yang mempunyai memori terbatas. Pasalnya, apabila cache dibiarkan menumpuk terlalu lama, kapasitasnya bisa mencapai bergiga byte dan tentu membuat memori kewalahan dan menjerit. Ujung-ujungnya, kinerja ponsel jadi terhambat.

Itu dia ya dampak positif dan negatifnya menghapus cache. Semoga bermanfaat.