Home » Tech News » Hardware » Mobile » MediaTek Bakal Pakai GPU Mobile Buatan AMD?

MediaTek Bakal Pakai GPU Mobile Buatan AMD?

MediaTek

Saat pertama kali menancapkan taringnya di pasar prosesor mobile, MediaTek lebih bermain pada produk-produk entry-level. Seiring berjalannya waktu, perusahan semikonduktor asal Taiwan ini pun semakin disegani oleh perusahaan besar. Namun semua berubah saat Android menggunakan struktur 64-bit.

MediaTek mulai membuat prosesor yang mendukung sistem operasi Android terbaru milik Google dengan beralih dari yang awalnya menggunakan Cortex A15 dan Cortex A57, kini menggunakan Cortex A72 yang merupakan prosesor rakitan ARM. Alhasil, system on chip milik MediaTek memiliki kecepatan dua kali lipat dari Cortex A57. Prosesor mobile ini akan diproduksi dengan menggunakan proses 16nm dan 20nm untuk menghasilkan prosesor yang lebih hemat daya dari A57.

Namun lagi-lagi MediaTek dikabarkan mengambil jalan yang berbeda dengan arah yang banyak digunakan perusahaan serupa. Informasi terbaru dari MyDrives (23/03/2015) menyebutkan MediaTek saat ini sedang dalam pembicaraan dengan AMD, salah satu perusahaan GPU ternama di dunia. Dari pertemuan itu sepertinya MediaTek berniat menggunakan GPU terbaru buatan AMD untuk ditanamkan dalam SoC mobile Mediatek MT 679x miliknya. Sayangnya, kedua perusahaan belum mengkonfirmasi kebenaran berita itu.

Jika informasi ini benar, maka MediaTek bisa menjadi perusahaan mobile procesor pertama yang menggunakan GPU AMD, dan Mediatek MT 679x resmi menjadi chip pertama di dunia yang menggunakan GPU buatan AMD.

Bukan hanya itu saja yang menarik. Pasalnya, jika pemberitaan ini benar, AMD otomatis akan masuk ke pasar mobile dan akan bersaing dengan chipset yang dulu pernah mereka kembangkan. Pasalnya, saat AMD masih bernama ATI, perusahaan ini pada tahun 2009 lalu pernah menjual divisi grafis mobile mereka ke Qualcomm, salah satu perusahaan yang kini juga dikenal sebagai pembesut prosesor mobile Snapdragon. Grafis yang dijual oleh AMD (ATI) saat ini lebih dikenal dengan nama Adreno yang namanya mulai membesar saat berada di tangan Qualcomm. Tentu bukanlah sebuah nama yang asing lagi mengingat GPU ini terkandung di banyak perangkat smartphone di dunia.

Written by
It has become appallingly obvious that our technology has exceeded our humanity - Albert Einstein

Have your say!

0 0

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Lewat ke baris perkakas