Home » Sains » Manusia Bisa Bernapas di Dalam Air Layaknya Putri Duyung?

Manusia Bisa Bernapas di Dalam Air Layaknya Putri Duyung?

Putri duyung
Putri duyung (Gambar: Abc13)

Sejak duduk di bangku sekolah, mungkin Anda telah diajarkan bagaimana cara ikan bernapas di dalam air. Ya, ikan hanya bisa bernapas menggunakan insang dan manusia bernapas menggunakan paru-paru. Namun, seiring dengan penemuan terbaru ini memungkinkan manusia bisa bernapas di dalam air layaknya ikan dan putri duyung.

Bagaimana itu bisa terjadi? Rahasianya terletak pada sebuah cairan partikel yang bernama perfluorokarbon. Cairan yang juga dikenal sebagai fluorocarbons atau PFC diklaim mampu menahan partikel oksigen di dalam air. Cairan yang terdiri dari senyawa karbon dan flourin ini mampu mengikat oksigen sebanyak 20 kali lebih baik daripada air.

Menurut laporan Gizmodo, dua orang peneliti, Leland C. Clark, Jr dan Frank Gollan melakukan uji coba dengan memberikan cairan PFC kepada tikus dan kucing. Hasilnya sungguh tidak masuk akal, tikus bisa bernapas di dalam air selama 20 jam yang telah diberi cairan PFC. Begitu pula percobaan pada kucing, makhluk berbulu lembut itu dapat bertahan selama berminggu-minggu dalam air yang berisi PFC.

Namun yang harus Anda ketahui, fluorocarbons ini tidak digunakan untuk menggantikan fungsi utama tabung oksigen, tetapi lebih disarankan untuk praktik dunia medis seperti menyelamatkan nyawa orang yang mengalami gangguan pernapasan akut.

Written by
It’s not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for - Robert Kiyosaki

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>