Sains

Lesitin Kedelai Sangat Efektif Membersihkan Minyak

Para peneliti dari ACS Sustainable Chemistry & Engineering sedang melakukan penelitian tentang lesitin kedelai. Mereka menemukan bahwa lesitin kedelai dapat mampu membersihkan tumpahan minyak mentah. Awalnya mereka melihat banyak produk makanan yang menyertakan lesitin kedelai pada komposisi produknya. Contohnya seperti yang ada pada kemasan kue dan bahannya. Seperti yang tertera pada kemasan mentega dan kemasan kue cokelat.

Perwakilan dari tim penelitian ini Ram B. Gupta membenarkan temuan ini. Dia menjelaskan bahwa penerapan dispersan kimia adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membantu menyingkirkan tumpahan minyak dengan cepat. Pendispersi bekerja dengan memecah minyak menjadi tetesan kecil yang kemudian dapat menurunkan bakteri. Tetapi beberapa dispersan dapat berbahaya bagi pembersihan dan kehidupan air.

Oleh karena itulah, tim peneliti dari Gupta beralih ke unsur alam, yaitu lesitin kedelai. Dimana zat ini lebih ramah terhadapa surfaktan. Sehingga mampu mempercepat penyerapan cairan dengan memaksa mereka untuk membentuk tetesan kecil. Tujuannya untuk membuktikan apakah itu bisa melakukan pekerjaan yang sama tanpa efek negatif terhadap kesehatan.

Tim peneliti berusaha memisahkan lesitin kedelai mentah. Surfaktan ini sangat efektif digunakan dalam makanan, sehingga dapat menjadi komponen lipid tersebut. Kemudian, mereka menguji seberapa baik lipid ini bisa memecah minyak dalam air yang ada di laboratorium. Mereka menemukan senyawa bekerja sebaik atau sedikit lebih baik dari dua dispersan komersial saat ini.

Sumber : R&D Magazine