Home » Gadget » Smartphone » Lengserkan Xiaomi, Apple Kini Jadi Vendor Nomor 1 di China

Lengserkan Xiaomi, Apple Kini Jadi Vendor Nomor 1 di China

Tidak perlu disangkal lagi kalau smartphone teranyar Apple, iPhone 6 menjadi ponsel primadona dan laku keras di pasaran. Di China khususnya, iPhone 6 memiliki pangsa pasar sebesar 10,2 persen. Xiaomi pun lengser dari singgasana kekuasaannya di negeri sendiri.

Kenaikan pangsa pasar iPhone 6 yang naik 9,5 persen ini didapat dari Kantar Worldpanel yang mencatatkan dua smartphone baru Apple, yakni iPhone 6 dan iPhone 6 Plus telah berhasil meraih pangsa tertinggi di Negeri Tirai Bambu. Kesuksesan iPhone 6 sendiri tak lepas dari peran operator terbesar di negara itu, China Mobile yang telah menyumbang 59 persen dari seluruh penjualan iPhone di negara itu. Sekedar untuk diketahui, China Mobile juga merupakan operator terbesar di dunia.

Untuk seluruh iPhone, Apple menggenggam 27,6 persen pangsa pasar China, naik sebesar 17.9 persen jika dibandingkan tahun lalu. Berbanding terbalik dengan Android yang pangsa pasarnya malah merosot hampir 10 persen menjadi 70,9 persen. Sayangnya, tidak disebutkan berapa pangsa pasar Xiaomi dan vendor lainnya oleh Kantar.