Home » Tech News » Layanan Streaming Musik, Apple Dekati Taylor Swift

Layanan Streaming Musik, Apple Dekati Taylor Swift

layanan-streaming-musik-apple
layanan streaming musik apple (gambar : 9to5mac)

Apple baru saja mengumumkan bahwa mereka berencana untuk memberikan layanan streaming musik online. Mereka sepertinya ingin bersaing dengan Spotify, yang lebih dulu dan lebih fokus dalam layanan streaming musik online. Sebagaimana kita ketahui bahwa ada beberapa layanan streaming musik online yang telah cukup lama beredar di internet. Selain Spotify, ada juga SoundCloud, Reverbnation, Indaba, dan masih banyak streaming music yang lain.

Untuk memuluskan langkah tersebut, Apple dikabarkan sedang mendekati penyanyi pop country terkenal. Adalah Taylor Swift, yang berhasil memenangkan perhatian Apple. Penyanyi pop country yang sedang digandrungi anak muda ini memang sebuah fenomena. Dengan banyaknya follower Taylor Swift di media sosial, bukan tidak mungkin Apple akan meraih keuntungan besar untuk layanan streaming musik online-nya.

Bisnis layanan streaming musik memanglah sangat menggiurkan. Banyak lagu yang tercipta setiap harinya. Dan setiap bulannya, banyak musisi/penyanyi di seluruh dunia yang melaunching album. Untuk di dunia hiburan, musik memang menjadi hiburan massal yang dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Tentunya layanan streaming musik yang akan diluncurkan Apple mempunyai aturan tersendiri. Misalnya biaya yang dikeluarkan oleh para pengguna layanan streaming musik per bulannya. Renacananya, Apple akan menganakan tarif $ 10 USD (Rp 130.000) untuk setiap user.

Sebagai gantinya, Apple memberikan royalti kepada pihak-pihak terkait yang berhak atas lagu. Seperti artis, label dan pencipta lagu. Dengan menurunkan kualitas audio menjadi standar, diyakini cara ini dapat mengurangi pembajakan lagu. Dikabarkan juga Apple tidak akan menggunakan iklan berbayar pada layanan streaming musik. hal ini dilakukan agar Apple bisa lebih fokus terhadap royalti yang diberikan kepada artis dan pihak-pihak terkait.

Sumber : PCMag Asia

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>