Home » Internet » Serba Serbi » Kunci Keamanan Dropbox Berbasis USB yang Menyulitkan Hacker

Kunci Keamanan Dropbox Berbasis USB yang Menyulitkan Hacker

kunci-keamanan-dropbox
U2F (Gambar : Silicon Republic)

Jatimtech.com – Dropbox merupakan media berbagi file yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah file dan membagikannya pada orang lain. Baru-baru ini Dropbox memperbarui sistem keamanan bagi pemilik akun. Update sisten keamanan pada Dropbox ini berupa kunci keamanan berbasis USB. Kunci keamanan Dropbox ini dikatakan akan menyulitkan hacker untuk dapat mengakses akun Dropbox, seperti dilansir dari blog resmi Dropbox (13/8/2015).

Kunci keamanan Dropbox tersebut dinamakan Universal 2nd Factor (U2F). Sesuai dengan namanya, Universal 2nd Factor merupakan kunci keamanan Dropbox dengan menggunakan plihan ekstra untuk otentifikasi 2 faktor. Pengguna yang menggunakan kunci keamanan Dropbox U2F ini memasukkan kunci melalui port USB. Namun ini dilakukan setelah pengguna memasukkan kata sandi pada akun Dropbox.

Bisa dikatakan penggunaan kunci keamanan Dropbox terbaru ini menggunakan sistem dua pintu. Seorang hacker yang ingin membobol akun Dropbox harus melewati pintu pertama terlebih dahulu, yaitu dengan memasukkan kata sandi akun Dropbox. Jika hacker tersebut berhasil memasukkan kata sandi, berarti dia berhasil menembus pintu pertama. Namun untuk bisa melewati pintu kedua, hacker harus bisa memasukkan kunci keamanan Dropbox, yaitu U2F pada akun yang telah berhasil dimasukkan kata sandi.

Dikatakan oleh Dropbox, kunci keamanan U2F ini mampu memberikan pertahanan terbaik bagi serangan hacker terkait pencurian credential seperti phising. Dilanjutkan oleh Dropbox, Universal 2nd Factor ini menggunakan komunikasi kriptografi. Dimana sistem keamanan ini akan bekerja ketika Anda masuk ke website Dropbox yang sah.

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>