Home » Sains » Program Komputer Belajar Mengalahkan Gamers Manusia

Program Komputer Belajar Mengalahkan Gamers Manusia

Sebuah program komputer (software) memainkan 49 video game yang berbeda untuk mengalahkan manusia, telah dikembangkan oleh para peneliti.

Program komputer tersebut tidak hanya membuat manusia menghabur-hamburkan uangnya, tapi juga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Tim dari perusahaan riset milik Google Deep Mind melaporkan dalam jurnal Nature.

“Ini adalah pertama kalinya seseorang telah membangun sebuah  sistem pembelajaran umum tunggal yang mampu  belajar langsung dari pengalaman untuk menguasai berbagai tantangan dalam melaksanakan tugas,” kata co-developer Demis Hassabis.

Tujuannya agar manusia bisa lebih cerdas dalam membangun masa depan. Dengan robot yang bisa mengajar diri sendiri untuk melakukan berbagai tugas. Robot juga dapat menyimpan memori trial and error dan menyesuaikan tindakan mereka untuk hasil yang lebih baik di waktu mendatang.

Mesin tersebut mungkin saja nantinya bisa melakukan aapapun mulai dari mengemudi mobil, merencanakan liburan dan melakukan penelitian ilmiah.

Terinspirasi oleh proses belajar manusia, artificial agent” yang dijuluki Qnetwork (DQN) yang telah dirilis. Hanya dengan pemrograman minimal, pada konsol permainan Atari dari tahun 1980-an.

Tidak seperti manusia, program komputer yang berbasis algoritma dimulai tanpa belajar dari pengalaman sebelumnya. Seorang gamer manusia sudah tahu bagaimana caranya memukul sesuatu dalam game. Sistem ini belajar dengan mengaktifkan tombol komputer secara acak sampai mencetak gol melalui trial and error.

The system kind of learns, beradaptasi dan akan lebih baik dan lebih baik secara bertahap sampai akhirnya menjadi hampir sempurna pada beberapa game,” kata Hassabis.

Game pada tahun 1970-an “Classic Breakout”, dimana pemain harus menerobos beberapa lapisan batu bata di bagian atas layar komputer dengan bola memantul dari sisi ke sisi di bagian bawah. Ms Pac-Man yang berjalan di labirin, pinball, tinju, tenis dan balap mobil yang disebut Enduro.

Program komputer ini mengungguli gamers manusia yang profesional di beberapa perlombaan, tapi bernasib buruk dalam beberapa tahun ini, termasuk Ms Pac-Man.

Dalam jenis permainan tertentu, adakalanya gamer manusia sangat sulit untuk mendapatkan poin. Jika mereka menekan tombol secara acak, maka akan sulit untuk mendapatkan poin. Dan program komputer tidak bisa mempelajari teknik bermain seperti itu.

Sumber : abc-net