Kedudukan Java di Android Bakal Digantikan Sky

Tahukah anda bahasa yang digunakan oleh aplikasi Android yang terinstal di ponsel atau tablet anda? Para developer Android mengembangkan dan membuat aplikasi tersebut menggunakan bahasa pemrograman Java. Namun sebentar lagi Java akan ditinggalkan karena Google berencana menggantikan posisi Java di Android dengan bahasa pemrograman baru buatan Google sendiri.

Tim bentukan Google, Chrome V8 Javascript saat ini sedang merencanakan bahasa pemrograman baru berbasis web dengan menggunakan bahasa Dart yang dinamai Sky. Ini lantaran bahasa pemrograman Java memiliki beberapa kekurangan. Dart inilah yang nantinya bakal menutupi kekurangan yang selama ini ada di aplikasi Android.

Hebatnya, Sky mampu membuat aplikasi berjalan dua kali lipat lebih cepat dari kebanyakan yang ditawarkan oleh platform mobile saat ini, yaitu pada 120 FPS. Sehingga aplikasi Android nantinya bisa berjalan lebih cepat dan lebih mudah dikelola. Manfaat lain yang didapat dari penggunaan bahasa Dart adalah kinerja yang lebih tinggi, juga terdistribusi dengan kode yang telah di kompil.

Dart nantinya juga bakal bisa dijalankan di banyak sistem opreasi termasuk Android, iOS dan Windows. Ini lantaran Dart didesain berjalan secara native di peramban Chrome. Dengan digunakannya Dart dalam membentuk sebuah aplikasi, maka setiap aplikasi yang ada di Android nantinya bisa berjalan tanpa lag.

Via ArsTechnica

DON'T MISS

Tulis Komentar