Home » Internet » Kecepatan Internet Indonesia Merosot Tajam ke Posisi 122 Dunia

Kecepatan Internet Indonesia Merosot Tajam ke Posisi 122 Dunia

Indonesia mungkin sempat bangga kecepatan internetnya meningkat, terlebih dengan masuknya teknologi jaringan 4G di negeri ini membuat kecepatan internet Indonesia di pentas dunia berada di posisi 77. Namun tak berlangsung lama, kecepatan internet Indonesia melorot lagi ke posisi 122. Bagaimana bisa?

Menurut laporan Akamai Technologies yang disadur dari State of the Internet, pada kuartal keempat 2014 kecepatan koneksi internet di Indonesia menurun tajam hingga 50 persen dengan kecepatan rata-rata 1,9 Mbps. Padahal kuartal sebelumnya internet Indonesia memiliki kecepatan rata-rata 3,7Mbps. Tak pelak hal itu membuat kecepatan internet Indonesia menurun ke posisi 122 dari seluruh negara di dunia berada dibawah India, Filipina dan Vietnam.

Kecepatan Internet dunia

Data kecepatan internet Akamaim Technologies

Meski merosot cukup tajam, jika dibandingkan dengan kecepatan internet rata-rata pada periode yang sama tahun 2013 lalu, kecepatan internet di Indonesia 16 persen masih lebih baik.

Saat ini negara dengan kecepatan internet tertinggi masih tetap dipegang oleh Korea Selatan dengan kecepatan rata-rata 22,2 Mbps. Meski begitu, kecepatan internet di Korea Selatan sebenarnya mengalami penurunan sebesar 12 persen dari kuartal sebelumnya. Sementara dibawah Korea Selatan ada Hong Kong yang berada di peringkat kedua, dan Jepang di peraingkat ketiga.

Have your say!

0 0