Internet

Keamanan Google Play Store Ditingkatkan dengan Kurangi Aplikasi Scam

JATIMTECH.com – Ya, ini merupakan sebuah masalah ekonomi, dan Google sangat menyadari jika para vendor aplikasi terkadang melakukan praktik-praktik gelap yang tercela, seperti contohnya ulasan-ulasan palsu yang beredar mengenai aplikasi tersebut, hingga rating palsu.

Untuk melindungi para penggunanya agar tak memasang aplikasi yang tidak diketahui kebenaran dari aplikasi tersebut yang bisa dikatakan tak realistis, Google tak diam saja. Google lantas mengambil langkah tegas, dengan melakukan peningkatan deteksi dan juga sistem yang ada di Google Play Store, dengan cara melakukan filtering (penyaringan).

Seperti yang dilansir dari laman Tech Crunch, Selasa (1/11/2016), menurut dari publikasi Google, apabila instalasi dibuat dengan maksud untuk memanipulasi penempatan aplikasi di Google Play Store, maka sistem bisa mendeteksi aplikasi tersebut dan melakukan tahap penyaringan. Bahkan, bukan tidak mungkin jika aplikasi seperti itu bisa saja dihapus dari Google Play Store.

Mudah-mudahan, dengan peningkatan keamanan dari Google terhadap layanan Google Play Store, bisa mengakhiri aplikasi yang scam, sehingga pengguna tidak mudah tertipu oleh ulasan, jumlah unduhan dan lain sebagainya. Perlu kita ketahui, di Google Play Store beredar banyak sekali aplikasi scam, yang berisi virus untuk membajak informasi yang ada di perangkat Android sobat.