Pilih kamera DSLR terbaik untuk mengabadikan momen penting Anda. Mau acara kampus, traveling, hingga urusan pekerjaan, semuanya bisa tercetak dengan jelas dan jernih.

 

Ada banyak produk kamera yang bisa dipilih. Jadi wajar bila banyak orang bingung mau memilih produk terbaik yang mana. Saat sampai di toko kamera, Anda akan ditawari dengan beragam pilihan merek dengan seri berbeda.

Nah, untuk membantu Anda mendapatkan produk yang terbaik, kami akan membahas tentang cara memilih produk kamera DSLR terbaik dan rekomendasi produknya sesuai spesifikasi serta harganya.

Cara memilih kamera DSLR terbaik untuk pemula dan pro

Cara memilih kamera DSLR terbaik untuk pemula dan pro

Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa dijadikan pertimbangan supaya bisa memperoleh kamera DSLR yang paling baik:

Pilihlah berdasarkan tujuan pemakaian dan scene pemotretan

Dalam membeli kamera, pasti masing-masing orang punya tujuannya sendiri. Ada yang ingin menggunakannya untuk memotret produk, membuat video, atau yang lain.

Nah, langkah pertama yang harus Anda pertimbangkan saat hendak membeli adalah memilih produk sesuai dengan tujuan pemakaiannya. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Untuk objek yang bergerak cepat, pilih yang autukofokusnya tinggi

Apabila Anda sering mengambil objek yang bergerak cepat, misalnya memotret pesawat terbang, mobil, atau kendaraan lain. Juga memotret burung terbang atau hewan bergerak lainnya. Maka pilihlah produk dengan fitur autofokus yang tinggi.

Dengan akurasi foto yang tinggi, kamera akan jauh lebih mudah mengambil gambar obyek yang sulit untuk didekati tersebut.

Selain memperhatikan autofokus, Anda juga bisa mempertimbangkan fitur sensor full frame dengan continuous shoot yang tinggi. Produk EOS 5D Mark IV atau EOS 6D Mark II bisa jadi pilihan.

Apabila Anda mau pakai kamera bersensor dengan fitur advanced photo system type C atau APS-C, pilihannya adalah EOS 7D Mark II.

Memotret manusia dan hewan, pilih EOS Scene detection system

Apabila obyek yang sering diambil adalah anak-anak atau hewan, maka pilihan terbaiknya adalah produk dengan EOS scene detection system.

Tak hanya memotret, produk ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil yang bagus. Misalnya, untuk mengabadikan perkembangan dan pertumbuhan anak-anak.

Di antara produk yang dapat kami rekomendasikan adalah EOS Kiss X9/EOS 200D, EOS Kiss X9i atau EOS 800D.

Memotret masakan dan bunga, pilih yang LCD Vari-angle

Kini makin banyak sekali orang yang ingin membagikan momen memasak atau memotret bunga di taman kesayangan.

Apabila Anda sering memotret kegiatan ini, maka carilah kamera DSLR terbaik dengan fitur LCD Vari-angle.

Kamera dengan sistem ini bisa mengambil gambar dari berbagai sudut untuk hasil yang sangat keren.

Selain kamera dengan fitur LCD vari-angle, masih banyak pilihan produk lain yang bisa dipakai untuk mengambil gambar makanan dan bunga-bunga yang cenderung memiliki warna cerah dan indah. EOS 80D, EOS 200D, dan EOS 6D bisa Anda jadikan pilihan produk yang tepat.

Bila sering memotret di malam hari, pilih yang sensitivitas ISOnya tinggi dengan image stabilization

ISO adalah indikator sensitivitas terhadap cahaya. Maka dari itu, apabila Anda lebih sering mengambil gambar di malam hari, pilihlah produk yang memiliki ISO tinggi. Dengan fitur ini, Anda bisa memotret sudut yang gelap menjadi sesuatu yang terlihat sangat menarik.

Selain ISO, pertimbangkan juga untuk memilih produk dengan image stabilization. Ini diperlukan saat Anda memotret obyek memakai tripod agar hasil gambarnya tidak goyang.

Jika lebih sering merekam video, pilih dual pixel CMOS AF

Teknologi dual pixel CMOS AF sangat cocok buat Anda yang sering menggunakan kamera untuk merekam video. Teknologi ini memiliki fitur yang sangat hebat dan cocok buat video. Salah satunya adalah time-lapse 4K.

Dengan fitur ini, video yang Anda rekam akan memiliki kualitas terbaik dan gambarnya jernih. Tidak akan ada masalah dengan waktu perekamannya. Apalagi jika Anda mengisi memori card-nya dengan kartu microSD terbaik.

Pilih berdasarkan level atau skill Anda dalam memakai kamera

Saat hendak membeli produk, Anda juga harus menyesuaikannya dengan keahlian. Apakah masih belajar, sudah bisa tapi belum mahir, atau sudah profesional.

Berikut ini adalah beberapa pilihan produk dan cara memilihnya:

Produk yang cocok untuk pemula

Apabila masih tergolong beginner alias masih pemula, maka pilihlah produk-produk yang dilengkapi dengan fitur otomatis. Jadi, Anda tidak perlu melakukan setting manual untuk mendapatkan foto yang cantik.

Selain itu, karena masih pemula, sebaiknya Anda pilih produk yang bobotnya ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana sampai Anda terbiasa menggunakan yang bobotnya lebih tinggi.

Adapun contoh produk yang dapat dipakai adalah Canon Seri Kiss. Namun, di Indonesia produk ini tidak memiliki embel-embel Kiss.

Cocok untuk kelas intermediate dan camera entusiast, EOS 5D Mark IV dan EOS 7D Mark II

Apabila Anda sudah mulai bisa menggunakan kamera dan sering mengambil gambar tapi belum tergolong kelas mahir, maka yang dilengkapi dengan sensor full frame. Sebab, di tahap ini biasanya seseorang menginginkan hasil gambar yang lebih berkualitas.

Selain itu, karena masih belum begitu mahir, memilih kamera dengan cara pengoperasian yang mudah juga sangat direkomendasikan. Adapun contoh produknya adalah EOS 7D Mark II dan EOS 5D Mark IV.

Buat para expert dan profesional, EOS-1D X Mark II

Kalau sudah expert atau ahli, maka menggunakan kamera berteknologi tinggi dengan fitur lengkap adalah pilihan yang tepat. Semua dilakukan untuk memberikan pengalaman dalam menghasilkan foto berkualitas dan memuaskan.

Buat pemula, pertimbangkan untuk membeli kamera lengkap dengan lensa kit

Jika Anda masih pemula, selain mempertimbangkan fitur dan berat kamera, ada hal lain yang juga patut dijadikan pertimbangan.

Hal tersebut adalah lensa kit. Biasanya, saat baru pertama kali beli kamera, pemula akan mendapat 3 pilihan, yakni:

  • Kamera saja.
  • Kamera dan lensa kit.
  • Kamera dengan double zoom kit.

Nah, sebagai beginner, Anda disarankan untuk memilih kamera yang dilengkapi dengan lensa kit standar agar kebutuhan pengambilan gambar dapat terpenuhi secara sempurna.

Rekomendasi produk kamera DSLR terbaik dan murah sesuai spesifikasinya

Rekomendasi produk kamera DSLR terbaik

Berikut ini adalah beberapa ulasan tentang DSLR terbaik berikut harga dan spesifikasinya:

1. Intermediate range dengan cita rasa profesional: Canon EOS 77D Kit

Canon EOS 77D Kit

Kamera DSLR terbaik ini merupakan pilihan sebagian besar penyuka dan pengguna kamera. Pasalnya, dia sangat cocok dengan pengguna kelas intermediate tapi cita rasa dan fiturnya sudah mendukung kelas profesional.

Maka dari itu, spesifikasinya sangat cocok buat para camera entusiast yang sedang mau naik ke kelas profesional. Berbagai fitur di dalamnya akan membantu untuk mendapatkan gambar dan video dalam kualitas terbaik.

  • Level: intermediate.
  • Berat: 1,05 kg.
  • Sistem koneksi: hi-speed USB, bluetooth, Wifi.
  • Sensitivitas ISO: 100-25600 (H:51200).
  • Continuous shoot: 6 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 24.2 MP (APS-C).
  • Lensa tambahan: EF-S18-135 IS USM.

Harga DSLR ini sekitar 17 jutaan di marketplace.

2. Objek foto terlacak akurat berkat viewfinder yang mencapai 100%: Canon EOS 8D Kit II (EF-S18-135 IS USM)

Canon EOS 8D Kit II EF S18 135 IS USM

Dengan kamera ini Anda bisa mendapatkan gambar yang sangat presisi tanpa bergantung pada cahaya dari luar.

Yang menarik dari DSLR ini adalah fiturnya berupa viewfinder yang angkanya hampir 100%. Hal ini membuat hasil gambar yang didapatkan akan sangat akurat.

Kamera ini juga dilengkapi dengan scene detection system dan pencahayaan terbaik. Tak hanya pengambilan gambar, rekaman video juga bisa Anda lakukan dengan hasil yang paling bagus.

  • Level: intermediate.
  • Berat: 0,65 kg.
  • Sistem koneksi: hi-speed USB, GPS, Wifi.
  • Sensitivitas ISO: 100-6400 (H:25600).
  • Continuous shoot: 7 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 24.2 MP (APS-C).
  • Lensa tambahan: EF-S18-135 IS USM.

Harga produknya adalah sekitar 21 jutaan di marketplace.

3. Performa autofokus terbaik: Canon EOS 6D Mark II Kit (EF24–105mmf/4L IS II USM)

kamera DSLR terbaik Performa autofokus terbaik Canon EOS 6D Mark II Kit EF24–105mmf4L IS II USM

Dengan kamera ini, Anda bisa mengambil gambar dari segala arah. Atas, bawah, depan, dan belakang, semuanya bisa. Pengambilan gambar dari sudut mana saja dapat memberikan hasil gambar yang paling bagus.

Artinya, Canon EOS 6D ini cocok buat Anda yang senang mencoba berbagai angle saat sedang memotret.

  • Level: intermediate.
  • Berat: 1,56 kg.
  • Sistem koneksi: hi-speed USB, GPS, Wifi, dan bluetooth.
  • Sensitivitas ISO: 100-40000 (expandable to L:50, H1:51200, H2 102400).
  • Continuous shoot: 6.5 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 26.2 MP (full frame).
  • Lensa tambahan: EF24-105mm f/4L IS II USM.

Harga Canon EOS 6D ini adalah sekitar 39 jutaan.

4. Mudah digunakan dan ada panduan untuk pemula: EOS 800D Kit (EF S18-5S IS STM)

EOS 800D Kit EF S18 5S IS STM

EOS 800D ini cukup spesial dengan interface terbaru yang mudah digunakan. Selain itu, terdapat juga panduan penggunaan sehingga cocok untuk pemula.

  • Level: beginner.
  • Berat: 0.74 kg.
  • Sistem koneksi: hi-speed USB, Wifi, dan bluetooth.
  • Sensitivitas ISO: 100-25600 (H:51200).
  • Continuous shoot: 6 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 24.2 MP (APS-C).
  • Lensa tambahan: EF24-105mm f/4L IS II USM.

Untuk pemula, harga EOS 800D ini juga cukup murah. Hanya dengan uang 10 jutaan Anda bisa memperoleh produk ini secara lengkap.

5. Performa continuous shoot terbaik: Canon EOS-1DX Mark II (Bodi)

Canon EOS 1DX Mark II

Jika Anda sering memotret obyek bergerak, maka Canon EOS-1DX Mark II ini adalah pilihan yang tepat. Continuous shootnya sangat tinggi sehingga akan membantu Anda mendapatkan gambar terbaik dari obyek yang bergerak cepat sekalipun.

Terlebih, ukurannya juga tidak terlalu berat sehingga memudahkan dalam pengambilan gambar.

  • Level: expert.
  • Berat: 1.53 kg.
  • Sistem koneksi: super speed USB 3.0.
  • Sensitivitas ISO: 100-51200 (Expandable to L:50 H1:102400 H2: 204800 H3: 409600).
  • Continuous shoot: 14 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 20.2 MP (full frame).

Harga EOS-1DX ini adalah sekitar 81 jutaan rupiah.

6. Andalan para fotografer sport dan aksi: Canon EOS 7D Mark II EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM Lens Kit

Canon EOS 7D Mark II EF S18 135mm

Jika Anda masih di kelas intermediate tapi sering memotret obyek yang bergerak, maka pilihannya adalah 7D ini. Terdapat banyak sekali fitur yang akan memudahkan Anda dalam memperoleh hasil foto terbaik.

  • Level: intermediate.
  • Berat: 0.91 kg.
  • Sistem koneksi: super speed USB 3.0, GPS.
  • Sensitivitas ISO: 100-16000 (Expandable to H1:25600 H2: 51200).
  • Continuous shoot: 10 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 20.2 MP (APS-C).
  • Lensa tambahan: EF-S18-135mm f/3.5-5.6 IS STM.

EOS 7D dibanderol dengan harga sekitar 28 jutaan.

7. Kombinasi kamera DSLR dan Mirrorless, fungsional: Panasonic Lumix DMC-G85

Panasonic Lumix DMC G85

Produk ini bisa dipakai untuk merekam video dengan resolusi 4K. Ukurannya juga ringkas dan dilengkapi dengan teknologi mutakhir.

  • Level: intermediate.
  • Berat: 0.77 kg.
  • Sistem koneksi: Wifi, USB.
  • Sensitivitas ISO: 100-25600.
  • Continuous shoot: tidak ada data.
  • Sensor kamera: tidak ada data.
  • Lensa tambahan: tidak ada data.

Harga Panasonic Lumix DMC G85 ini sekitar 12 jutaan rupiah.

8. Bisa buat selfie karena layar bisa diputar: Nikon D5200 Kit AF-S18-55mm

Nikon D5200 Kit AF S18 55mm

Yang menarik dari Nikon D5200 ini adalah fiturnya yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dari segala arah, bahkan bisa selfie. Spesifikasinya sangat matang dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Level: beginner.
  • Berat: 0.5 kg.
  • Sistem koneksi: Wifi, GPS, USB
  • Sensitivitas ISO: 100-3200.
  • Continuous shoot: 5 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 24.1 MP
  • Lensa tambahan: AF – S18 – 55 mm.

Harga Nikon D5200 ini sangat terjangkau, yakni 6 jutaan rupiah.

9. Transfer file jadi mudah dengan koneksi Wifi: Sony ILCE-7M2K Alpha 7 II (Bodi + Lensa)

DSLR terbaik Sony ILCE 7M2K Alpha 7 II

Dimensi produknya sangat ringkas dilengkapi dengan prosesor kelas atas. Yang menarik, kamera DSLR terbaik ini bisa dipakai untuk mengirimkan file langsung ke HP tanpa kabel, yakni via Wifi.

Fitur tersebut menjadikan kamera ini sangat populer di kalangan para fotografer, baik pemula maupun profesional.

  • Level: intermediate.
  • Berat: 0.599 kg (bodi, baterai, dan media).
  • Sistem koneksi: Wifi, NFC one touch, dll.
  • Sensitivitas ISO: 50-25600.
  • Continuous shoot: 5 fps.
  • Sensor kamera: CMOS.
  • Lensa tambahan: tidak ada data detail.

Harga DSLR dari Sony ini adalah sekitar 18 jutaan.

10. Hasilkan video keren dengan fitur modern yang lengkap: EOS 5D Mark IV (Bodi)

EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang super kece. Resolusinya bisa mencapai 50,6 MP. Terlebih, dia juga didukung dengan teknologi mirror vibration control sehingga aman dari guncangan saat dipakai untuk mengambil gambar.

  • Level: intermediate.
  • Berat: 0.93 kg.
  • Sistem koneksi: Super speed USB 3.0.
  • Sensitivitas ISO: 100 – 6400 (H – 12800)
  • Continuous shoot: 5 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 50.6 MP (full frame).
  • Lensa tambahan: tidak ada data detail.

Harga Canon EOS 5D ini adalah sekitar 50 jutaan. Cukup mahal tapi layak buat dicoba.

11. Bisa rekam video resolusi 4K: Nikon D850 Kit AF-S24-120 mm F/4G ED

Nikon D850 Kit AF S24 120 mm

Nikon D850 hadir dengan teknologi yang canggih sehingga bisa dipakai di segala kondisi. Kualitas gambarnya juga bisa mencapai resolusi 4K dengan sensor dan prosesor yang mumpuni.

  • Level: intermediate.
  • Berat: tidak ada data detail.
  • Sistem koneksi: tidak ada data lengkap.
  • Sensitivitas ISO: 64 – 25600 extended 32 – 102400.
  • Continuous shoot: 30 fps.
  • Sensor kamera: CMOS sensor 45.7 MP
  • Lensa tambahan: AF-S Nikkor 24-120 mm f/4G ED VR

Harga Nikon D850 ini sekitar 50 jutaan.

12. Cocok untuk shooting indoor dan outdoor: Pentax K-S2

Pentax K S2

Desain yang modern adalah salah satu keunggulan dari Pentax K-S2 ini. Produknya dilengkapi dengan koneksi Wifi dengan teknologi yang memudahkan pengambilan gambar secara indoor dan outdoor.

  • Level: intermediate.
  • Berat: 0.678 kg (bodi).
  • Sistem koneksi: NFC, HDMI, USB, dan Wifi.
  • Sensitivitas ISO: 100 – 51200.
  • Continuous shoot: 5.4 fps.
  • Sensor kamera: CMOS 20 MP APS-C
  • Lensa tambahan: tidak ada data detail.

Harga Pentax K-S2 ini adalah sekitar 9 jutaan dengan berbagai pilihan warna yang dapat dipilih secara leluasa.

Terakhir, agar bisa mendapatkan kamera DSLR terbaik, Anda harus melakukan seleksi sesuai dengan kebutuhan sebagaimana disampaikan dalam tips di atas.

Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles