Home » Sains » Jam Atom ini Mampu Memantau Aktivitas Gunung Berapi Termasuk Memprediksi Kapan Gunung akan Meletus

Jam Atom ini Mampu Memantau Aktivitas Gunung Berapi Termasuk Memprediksi Kapan Gunung akan Meletus

jam-atom
Jam Atom Untuk Aktivitas Gunung Berapi (Gambar : GizMag)

Jatimtech.com – Para peneliti dari University of Zurich, Swiss baru-baru ini berhasil menciptakan sebuah jam yang mampu memantau seluruh aktivitas gunung berapi. Alat yang mereka temukan itu dinamakan jam atom (atomic clocks). Selain memantau aktivitas gunung berapi, jam atom buatan peneliti Zurich ini juga mampu memprediksi kapan gunung berapi akan meletus, seperti dilansir dari GizMag (7/7/2015).

Indonesia adalah negara dengan tanah yang subur. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan tanah di Indonesia adalah banyaknya gunung berapi yang melintasi Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Banyaknya gunung berapi memang memberikan efek positif, namun juga bisa menimbulkan masalah, yaitu letusan gunung atau yang kita kenal sebagai erupsi.

Banyaknya korban yang berjatuhan pada saat peristiwa erupsi gunung berapi ini adalah sesuatu yang harus diminimalisir. Tentu kita ingat bagaimana letusan gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun silam, atau bahkan gunung Bromo yang masih berstatus aktif, walaupun dibuka untuk objek pariwisata. Tentu kita tidak ingin adanya wisatawan yang menjadi korban akibat letusan gunung berapi.

Saat ini memang telah ada sebuah alat untuk memantau aktivitas gunung berapi, namun alat tersebut sangatlah mahal dan juga tidak semua orang bisa mengoperasikannya. Namun dengan adanya jam atom hasil temuan peneliti Universitas Zurich, akan memudahkan kita untuk berjaga-jaga dari bahaya letusan gunung berapi yang bisa meletus kapan saja.

 

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>