Home » Sains » Jaket Listrik Ini Bisa Digunakan Sebagai Charger HP

Jaket Listrik Ini Bisa Digunakan Sebagai Charger HP

Mungkin Anda pernah mendengar jaket listrik yang pernah digunakan oleh Karim Benzema untuk menunjang aktifitasnya saat bermain sepak bola untuk Real Madrid FC. Atau ada juga jaket listrik yang digunakan untuk terapi penyakit kanker.

Baru-baru ini para ilmuwan dari Universitas Sungkyunkwan di Korea, dan University of Wollongong Australia melakukan sebuah penelitian. Mereka meneliti tentang kain yang bisa menghasilkan energi listrik

Kain bermuatan elektrik tersebut diaplikasikan kedalam sebuah jaket jumper. Mereka menyebutnya jaket listrik, seperti yang dijelaskan sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal ACS Nano.

Jaket listrik ini terbuat dari kain fleksibel dilapisi perak. Dipadukan dengan bahan berbasis silikon organik (polydimethylsiloxane) dan seng oksida array nanorod. Empat lapisan bahan itu ditumpuk jadi satu, untuk kemudian dipress. Sehingga lapisan bermuatan listrik itu menjadi padat.

Cara kerja dari jaket listrik cukuplah sederhana. Energi listrik dapat dihasilkan saat penggunanya melakukan aktifitas seperti berjalan atau berlari. Aktifitas motorik tersebut menyebabkan gesekan antar kain yang terdapat pada jaket listrik.

Energi yang dihasilkan dari gerakan tubuh manusia, dirubah menjadi arus listrik. Dengan kemampuan kain yang dapat mengeluarkan tegangan listrik lebih dari 12.000 siklus.

jaket-elektrik

jaket elektrik (gambar : nydailynews)

Kain yang terdapat pada jaket listrik tidak hanya dapat digunakan sebagai charger perangkat mobile. Dalam pengembangannya,kain bermuatan listrik ini juga dapat diaplikasikan terhadap perangkat biomedis dan kulit robot yang sensitif terhadap sentuhan.

Sangat menyenangkan bagi kita yang sering berkatifitas tanpa harus meninggalkan gadget yang sedang lowbat. Hanya dengan menggunakan jaket listrik yang desainnya seperti jumper ini, kita bisa mencharger HP yang berada di dalam jaket dengan mudah. Mungkin kita tidak lagi membutuhkan perangkat seperti power bank agar handphone tetap menyala.

Sumber : gizmag