Poin Penting

  • Peniliti aplikasi Alessandro Paluzzi membocorkan fitur Reels di Instagram
  • Instagram ingin bersaing dengan TikTok lewat fitur Reels
  • Instagram Reels memungkinkan pengguna untuk membagikan videonya ke feed, opsi tag orang terkait

Baru-baru ini seorang peneliti aplikasi ternama yaitu Alessandro Paluzzi membocorkan tangkapan layar yang merupakan pembaruan fitur terbaru yang menarik dari salah satu media sosial besutan Facebook yaitu Instagram Reels. Fitur terbaru yang sangat menarik tersebut digadang-gadang akan bersaing dengan aplikasi berbagi video pendek yang terkenal yaitu TikTok.

 

Instagram kembangkan fitur untuk saingi TikTok

Photo: Twitter @alex193a

Dikutip dari laman Digitalinformationworld.com (12/20), Instagram akan segera mendapatkan pembaruan fitur baru. Menurut kabar yang beredar dari tim developer, Instagram tampaknya sedang mengerjakan kemungkinan untuk memungkinkan menandai orang-orang di Instagram Reels. Dengan pembaruan fitur tersebut Instagram Reels makin meningkatkan daya saingnya dengan TikTok.

Terlihat dari tangkap layar yang di unggah oleh Alessandro Paluzzi di halaman Twitter miliknya memperlihatkan ketika pengguna mencoba membagikan video muncul di Instagram Reels dan tab Reels di profil pengguna, di bawahnya pengguna juga dapat memilih untuk membagikan videonya ke feed. Dan sekarang tampak di bawah memunculkan opsi, kemungkinan terdapat opsi “tag people” pada aplikasi tersebut.

Fitur baru di Instagram Reels

Tidak perlu diragukan lagi, Instagram Reels akan memungkinkan pengguna untuk menandai orang-orang yang membuat video bersama atau dengan siapa mereka ingin berbagi video. Fitur tersebut menjadikan seperti fitur penanda foto atau video lainnya yang kita lihat di berbagai platform media sosial. Fitur tersebut merupakan cara yang menarik untuk terhubung dengan orang-orang dan membuat orang-orang yang Anda sayangi merasa lebih istimewa dengan memperkuat ikatan hubungan tersebut.

Pengamat media sosial ternama Matt Navarra berpendapat bahwa instagram dengan cepat kilat menambahkan fitur di Instagram reels tersebut semata-mata untuk bersaing dengan kompetitornya yaitu TikTok. Para follower Mat Navarra dalam tweetnya tersebut menunjukkan respon positif terhadap fitur baru ini yang kemungkinan akan segera diluncurkan. Meskipun masih menjadi tanda tanya besar kapan fitur tersebut akan benar-benar diluncurkan secara resmi untuk Instagram Reels. 

Dalam postingan tersebut banyak komentator percaya bahwa dengan kecepatan peningkatan fitur yang di perlihatkan Instagram Reels tidak menuntut kemungkinan tidak kurang dari setahun akan ada perubahan besar pada tampilan keseluruhan Instagram Reels.

Sayangnya fitur Instagram Reels belum dapat dinikmati oleh pengguna instagram di Indonesia. Baru 50 negara saja yang sudah menikmati fitur Reels dalam Instagram.