Perlu Anda ketahui:

  • Fitur penyaringan DM ujaran kebencian ini ditujukan kepada selebriti dan tokoh masyarakat
  • Pengguna Instagram bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di bagian “hidden words”
  • Fitur ini akan segera tersedia di beberapa negara dalam beberapa minggu kedepan, dan akan diperluas secara globar beberapa bulan selanjutnya

Instagram telah mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna secara otomatis menyaring DM yang mengandung kata-kata menyerang, kalimat ataupun emoji. Fitur ini ditargetkan untuk digunakan para selebriti dan tokoh masyarakat yang menerima banyak DM bernada ujaran kebencian dan kata-kata yang menyakiti.

 
Ilustrasi Instagram

Ilustrasi Instagram via Claudio Schwarz | @purzlbaum Unsplash

Fitur filter DM ini dibuat sebagai gerakan Instagram memerangai ujaran kebencian yang semakin masif di platform-nya. Pada bulan Februari tahun lalu, Instagram mengatakan akan mulai menonaktifkan akun pengguna yang mengirim banyak pesan yang melecehkan. Tahun 2018 perusahaan juga menambahkan fitur otomatis memblokir komentar yang menyerang penampilan pengguna.

Filter penyaringan DM dapat diaktifkan dan dinonaktfikan pengguna dibagian “hidden words”. Saat fitur ini aktif, pesan DM yang menyinggung dan melecehkan akan otomatis dipindahkan ke folder terpisah. Folder yang berisi di folder ini nantinya tersembunyi, dan memungkinkan Anda untuk menelusuri DM tanpa pesan dari orang yang menyinggung.

Instagram mengatakan jika pihaknya berkolaborasi dengan” organisasi yang memerangi anti diskiriminasi dan anti perundungan” yang menyediakan daftar kata-kata bernada kebencian. Tentu saja, pengguna juga bisa memasukkan daftar kata-kata sendiri yang tidak ingin mereka lihat.

Fitur penyaringan DM Instagram akan segera dirilis di “beberapa negara” beberapa minggu ke depan. Negara lain akan mendapatkan fitur ini di beberapa bulan setelahnya.

Instagram juga mengatakan akan segera merilis alat yang memungkinkan pengguna untuk memblokir akun baru yang terus-menerus mengirimkan pesan yang menyinggung. Sekarang, saat Anda memblokir seseorang di aplikasi, Anda akan memiliki  opsi untuk memblokir akun baru yang dibuat oleh orang yang sama tersebut.

Instagram menolak bagaimana cara kerja sistem tersebut. Instagram hanya menjelaskan jika pihaknya menggunakan “berbagai sinyal” untuk mendeteksi akun baru dari pengguna yang sama. Fitur ini akan secara resmi dirilis secara global dalam beberapa minggu ke depan.

Tagged in:

About the Author

Putra Jatmika

Putra Jatmika adalah penulis di Jatimtech yang menulis topik tentang teknologi dan tutorial aplikasi yang membantu membuat hidup orang lebih mudah.

View All Articles