Inilah Foto Cahaya Sebagai Gelombang dan Partikel Untuk Pertama Kali

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa cahaya dapat bertindak sebagai partikel dan gelombang. Ilmuwan jenius dunia, Albert Einstein pertama memprediksikannya di tahun 1909. Namun, belum pernah ada percobaan yang mampu menunjukkan cahaya di kedua kondisi tersebut.

Belum lama ini, para peneliti di École Polytechnique Fédérale de Lausanne di Switzerland telah berhasil mengambil foto cahaya baik sebagai gelombang dan partikel untuk pertama kalinya, seperti yang dikutip JatimTech dari Popular Science, (3/3/2015).

Kuncinya dalam penelitian ini adalah teknik eksperimental baru yang menggunakan elektron untuk menangkap gerakan cahaya. Riset tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

Cahaya Difoto Sebagai Gelombang dan Partikel Untuk Pertama Kali
Foto Cahaya yang Difoto Pertama Kali (Gambar: Fabrizio Carbone/EPFL)

Untuk mendapatkan foto ini, para peneliti menembak laser pada sebuah nanowire. Panjang gelombang cahaya bergerak dalam dua arah yang berbeda di sepanjang logam. Untuk melihat bagaimana gelombang bergerak, para peneliti menembak sinar elektron di nanowire.  Dengan eksperimen tersebut, para peneliti dapat  mengambil foto saat gelombang bertemu.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa  untuk pertama kalinya, kita bisa membuat film mekanika kuantum dan alam paradoks secara langsung,” kata Fabrizio Carbone, salah satu penulis studi tersebut.

Carbone berharap  pemahaman yang lebih baik tentang fungsi cahaya dapat memberikan pengetahuan yang baru bidang komputasi kuantum.

DON'T MISS