Software

Inilah 10 Fitur Baru di Windows Creators Update

Microsoft telah rampung melakukan uji coba Windows 10 Creators Update. Kini pembaruan software ini sudah siap dirilis untuk komputer yang terinstal Windows 10.

Berbeda dengan Anniversay Update yang banyak perubahan siginifikan, di Creators Update, Microsoft memasukkan beberapa fitur tambahan saja.

Melansir The Verge (12/4/17), berikut bebrapa fitur baru yang Microsoft hadirkan di Windows 10 Creators Update.

1. Cortana Setup

Bagi pengguna yang baru pertama kali memasang Windows 10 Creators Update atau membeli sebuah PC dengan Windows 10 yang telah terpasang sebelumnya, Cortana bisa memandu proses instalasinya.

2. Game Mode

Microsoft fokus ingin meningkatkan pengalaman gaming di Windows 10 Creators Update. Game Mode di Xbox app akan memprioritaskan sumber daya CPU dan GPU untuk game.

3. Picture-in-Picture

Microsoft telah menambahkan dukungan Picture-in-Picture di Universal Windows Apps. Aplikasi bawaan Movies dan TV Windows 10 akan tampil on-top ketika ada aplikasi lain terbuka.

4. Night Light

Microsoft telah menambahkan aplikasi “Flux” buatannya sendiri di Windows 10 Creators Update. Ketika komputer digunakan pada kondisi minim cahaya, Windows 10 akan mengurangi intensitas cahaya biru. Pengguna juga bisa mengatur waktu khusus agar Night Light otomatis menyala.

5. Dynamic Lock

Dynamic Lock adalah sebuah fitur baru di Windows 10 yang didesain sebagai kebalikan dari Windows Hello. Fitur ini juga dikenal sebagai “Windows Goodbye” yang memungkinkan penggunanya secara otomatis mengunci Windows 10 PC ketika jauh dari komputer. Pengguna perlu menghubungkan perangkat pair Bluetooth seperti smartphone atau yang lain.

6. Paint 3D

Microsoft Creators Update untuk Windows 10 didesain dengan konsep 3D. Aplikasi ini merupakan versi 3D dari aplikasi bawaan Paint yang dimodifikasi dan dibuat ulang dengan desain yang lebih modern.  Penggunanya bisa membuat obyek 3D di Paint 3D atau mengimport file dari anggota komunitas Remix 3D.

7. Inking in Windows Photo

Meskipun bukan fitur yang secara khusus diupdate di Windows Creators Update, Microsoft telah memperbarui aplikasi Photo yang mendukung inking. Dengan fitur ini, penggunanya bisa menambahkan catatan khusus di sebuah foto dan dengan mudah membagikannya lewat email atau sosial media.

8. Windows Hello lebih Cepat

Melalui Windows 10 Creators Update, Microsoft telah membuat Windows 10 menjadi lebih cepat. Microsoft telah meningkatkan proses pemindaian wajah, dan pengaturan pertama kali.

9. Peningkatan Microsoft Edge

Microsoft memberikan beberapa tweak untuk browser Edge lewat Windows 10 Creators Update. Salah satu fitur baru yang hadir, memungkinkan penggunanya untuk mengatur tab ke samping dan bisa digunakan di kemudian hari.

10. Kontrol yang lebih baik untuk Update dan Privacy

Salah satu perubahan kecil di Windows 10 yang membawa dampak besar bagi pengguna Windows. Sekarang, pengguna Windows 10 bisa menunda update untuk seminggu kemudian, atau mengkonfigurasi aktif selama beberapa jam di Windows 10 hingga 18 jam lamanya setiap hari. Dengan perubahan ini, pengguna Windows 10 bisa lega karena tidak perlu melakukan reboot ketika komputernya ingin menginstal update.

Microsoft juga mengubah kontrol privasi di Windows 10 Creators Update. Sekarang penggunanya akan ditunjukan jendela munculan untuk mereview dan mengkonfigurasi fitur seperti diagnostics, speech recognition, location, dan relevant ads.