Sains

Ini Dia Cara Mengetahui Air yang Terkontaminasi Bakteri

Jatimtech.com – Air merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Tidak hanya itu, semua makhluk hidup pasti membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Maka dari itulah, sebelum digunakan atau dikonsumsi, ada baiknya jika kita mengetahui bahwa air memang tidak terkontaminasi bakteri. Untuk mengetahui air yang terkontaminsai bakteri atau tidak terkontaminsai, sekelompok mahasiswa dari Technical University of Denmark telah menciptakan sebuah sensor untuk mendeteksi air yang terkontaminasi bakteri.

Dilansir dari Gizmag (9/10/2015), alat sensor pendeteksi air yang terkontaminasi bakteri ini dikembangkan melalui perusahaan spin-off SBT Aqua. Alat sensor air ini menggunakan teknik yang dikenal sebagai impedansi aliran cytometry. Agar alat sensor dapat mendeteksi air, mereka melibatkan sampel cairan secara terus-menerus melalui saluran mikofluida. Dalam saluran yang merupakan rangkaian elektroda, sinyal listrik multi tegangan diterapkan. Bakteri dan partikel lainnya mengalir pada elektroda, yang menyebabkan perubahan impedansi, kemudian terdeteksi oleh sensor.

Karena perubahan impedansi yang disebabkan oleh bakteri berbeda dibandingkan dengan partikel ditularkan melalui air lainnya. Hal ini dilakukan untuk membedakan antara keduanya, dan untuk mendapatkan pembacaan real time yang akurat dari konsentrasi relatif mereka dalam sebuah sampel. Bahkan, karena perubahan bervariasi bahkan antara berbagai jenis bakteri. Sebab itulah SBT mengklaim bahwa teknologi secara bersamaan dapat mendeteksi semua jenis bakteri hadir di dalam air.