Home » Tech News » Ilmuwan Kembangkan Alat Pencegah Kebakaran Hutan

Ilmuwan Kembangkan Alat Pencegah Kebakaran Hutan

Ilmuwan Kembangkan Alat Penyegah Kebakaran Hutan (Gambar: Ubergizmo)

JATIMTECH.com – Beberapa bulan kemarin kita dikejutkan dengan insiden kebakaran hutan yang luar biasa menghebohkan dunia. Sampai-sampai insiden ini sudah di catat oleh dunia sebagai bencana alam dan perlu pencegahan secara masif.

Insiden seperti ini ibarat insiden tahunan yang terkadang terjadi secara alami atau bahkan terkadang terjadi karena unsur politik belaka. Insiden ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun melainkan di seluruh dunia, dan kebetulan tercatat kebakaran hutan yang paling parah terjadi di kawasan Asia Tenggara. Berbagai upaya dilakukan untuk menanggulangi bencana ini, namun sayangnya sampai sekarang belum ada penyelesaian yang berarti dari pemerintah.

Sebuah alat canggih dikembangkan oleh para ilmuwan yang mana diharapkan dapat menyelesaikan insiden kebakaran hutan ini secara masif. Alat ini diberi nama The Green Eudemon Forest Monitoring System Concept.

The Green Eudemon nanitnya akan dibekali sensor terpadu yang mana akan melacak apabila terjadi kebakaran hutan atau indikasi yang mengarah ke sana. The Green Eudemon akan mengirim peringatan ke stasiun pemantauan secara cepat sehingga langkah-langkah pencegahan lebih lanjut dapat diambil secara cepat pula oleh pihak terkait.

Ide seperti ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi negara-negara yang mempunyai kawasan luas yang sangat berpotensi untuk terjadi kebakaran hutan, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Have your say!

0 0