Tech News

Huawei Resmikan Mate 10 dan Mate 10 Pro, Flagship Paling Gahar dengan Dukungan AI

Huawei lagi-lagi menghadirkan rival bagi iPhone X dan iPhone 8, kali ini dalam wujud dua buah smartphone unggulan, Mate 10 dan Mate 10 Pro. Kedua smartphone tampil cantik dengan desain tanpa bezel dan juga layar FullView yang sedang digandrungi.

Faktor pembeda antara Mate 10 dan Mate 10 Pro terletak pada lebar layar. Mate 10 mengusung layar dengan ukuran 5,9 inci aspek rasio 16:9, sedangkan Mate 10 Pro dengan layar 6 inci dan aspek rasio 18:9. Selain layar, keduanya juga mempunyai fitur yang sedikit berbeda. Huawei Mate 10  Pro membawa sensor infra merah, Blaster IR dan juga tahan percikan air. Sedangkan varian Mate 10 membawa audio jack dan slot microSD. Jeroan kedua smartphone sama-sama memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Namun Mate 10 Pro juga tersedia dalam varian memori 256 GB.

Beralih ke kamera, kedua smartphone mengadopsi konfigurasi kamera yang sama, kamera ganda di belakang dengan sensor masing-masing 20MP dan 12MP yang bertugas masing-masing membidik objek berwarna dan hitam putih. Di belakang, ada baterai sebesar 4.000mAh yang menopang daya perangkat.

Yang menarik, jika Mate 10 mengusung sensor sidik jari di bawah layar, Mate 10 Pro meletakkan sensor sidik jarinya di belakang tepat di bawah kamera. Tak ada perbedaan di sisi jeroan, karena keduanya sama-sama dihuni juru gedor Kirin HiSilicon 970.

Prosesor Kirin 970 diklaim merupakan chipset smartphone pertama yang mengusung teknologi kecerdasan buatan (AI), sehingga mampu memroses foto dengan cepat, menyeimbangkan beban saat membaca data, memindai wajah, hingga membuat efek bokeh dengan sempurna.

Berkati teknologi AI di dalam Kirin 970, kedua smartphone mampu mendeteksi kebiasaan pengguna. Informasi yang diperoleh kemudian digunakan untuk menyajikan konten, aplikasi dan pengaturan yang sesuai dengan preferensi penggunanya.