Tech News

Huawei Menangi Tuntutan atas Paten Melawan Samsung

Raksasa teknologi asal China, Huawei memenangkan tuntutan pelanggaran paten terhadap pesaingnya di ranah smartphone yang berasal dari Korea Selatan, Samsung, tulis media lokal yang mengaku memperoleh informasinya langsung dari pihak pengadilan.

Pengadilan memutuskan untuk memenangkan perusahaan asal China itu atas dua paten yang melibatkan teknologi telepon generasi keempat, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan melalui akun dan video pengadilan Pengadilan Negeri.

Atas putusan tersebut, hakim memerintahkan Samsung untuk segera menghentikan penjualan atau pembuatan produk yang disebut menggunakan teknologi dan membayar biaya pengadilan yang relatif murah.

Keputusan oleh Pengadilan Intermediate Shenzhen adalah yang terbaru dalam serangkaian perdebatan paten yang cukup intens antara pabrikan smartphone  asal Asia, yang saling mengajukan tuntutan satu sama lain baik di Amerika Serikat ataupun China dalam beberapa tahun terakhir.

Markas Huawei berada di Shenzhen, Cina selatan melintasi perbatasan dari Hong Kong. Perusahaan ini merupakan pemain besar di pasar smartphone China, meski secara global masih kalah dari Samsung dan Apple.

Pengadilan mengatakan bahwa dia memutuskan untuk mendukung Huawei setelah menemukan bahwa Samsung “menunda negosiasi” yang dimulai pada Juli 2011 dan hal itu diyakini sebagai tindakan yang sangat keliru.

Samsung mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya akan “benar-benar meninjau keputusan pengadilan dan menentukan tanggapan yang tepat.”