Tech News

HMD Global Siapkan Smartphone Papan Atas, Nokia 9

HMD Global, pemegang lisensi brand Nokia disebut mempunyai rencana penting untuk tahun 2018 di mana kemungkinan besar perusahaan asal Finlandia itu bersiap untuk meluncurkan lagi dua smartphone premium baru. Menurut laporan yang berkembang, Nokia 9 dan Nokia 8 Pro kemungkinan akan disibak pada akhir tahun ini.

Berdasarkan laporan NokiaPowerUser, bahwa akan ada dua ponsel baru berlabel Nokia yang meluncur sebelum tutup tahun 2018. Laporan tersebut menyebut Nokia 9 akan dibekali layar 5,7 inci dan Nokia 8 Pro sedikit lebih kecil dengan layar 5,5 inci. Dengan demikian, Nokia 9 bakal dilabeli banderol yang paling mahal dan akan menempati posisi sejajar dengan flagship Samsung Galaxy S9 +.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa Nokia 9 akan menjadi ponsel pertama dari HDM Global yang membawa sensor sidik jari di atas layar, namun tidak satu pun dari spesifikasi atau fitur ini telah dikonfirmasi. Dan, yang terakhir, Nokia 8 Pro mungkin akan diluncurkan pada bulan September (sekitar IFA 2018?).

HMD Global meluncurkan empat ponsel baru di ajang MWC 2018, antara lain Nokia 1, Nokia 7 Plus, Nokia 8 Sirocco, dan Nokia 8110 4G retro reborn dari model lawas. Jika rumo ini benar adanya, berarti perjalanan HMD Global tampaknya belum akan berakhir sampai di empat perangkat tersebut. Dua tambahan Nokia 8 Pro dan Nokia 9 akan melengkapi jajaran yang sudah ada.