Tech News

HMD Global Pastikan Semua Smartphone Nokia Kebagian Update Android Oreo

Kabar gembira bagi pemilik perangkat Nokia berbasis Android, karena HMD Global selaku perakitnya telah memastikan bahwa semua smartphone Nokia Android akan menerima update ke Android 8.0 Oreo. Chief Product Officer perusahaan Juho Sarvikas mengonfirmasinya pada hari Sabtu lalu.

Sementara menanggapi salah satu penggemar di Twitter, Sarvikas mengatakan bahwa perusahaan Finlandia tersebut berencana untuk merilis versi terbaru sistem operasi mobile Google ke semua perangkatnya, termasuk varian terendah Nokia 3.

Kabar ini sejalan dengan komentar Nokia sebelumnya mengenai masalah ini, di mana raksasa teknologi tersebut berulang kali menyatakan bahwa portofolio produk barunya akan menerima peningkatan perangkat lunak tepat waktu, baik dari segi revisi OS utama dan patch keamanan bulanan Google. Perusahaan itu bahkan secara khusus terdaftar sebagai salah satu dari 11 produsen peralatan asli (OEM) yang bermitra dengan Alfabet untuk membawa Oreo ke perangkat mereka.

Lebih lanjut Sarvikas mengatakan bahwa belum ada tanggal pasti peluncuran Android 8.0 Oreo ke perangkat baru HMD Global. Namun mereka mengindikasikan bahwa informasi selanjutnya akan menyusul setelah ini.

Nokia 8 kemungkinan akan menjadi yang pertama yang menerima OS baru ini segera setelah tersedia di pasar akhir bulan ini. Sementara itu Nokia 6 yang berada di kelas menengah seharusnya juga ikut antri di belakangnya. Nokia 5 dan Nokia 3 kini juga telah dikonfirmasi untuk memperoleh Android 8.0 Oreo, dan hal yang sama mungkin juga berlaku untuk Nokia 2, perangkat entry level yang dikabarkan segera diperkenalkan sebelum akhir tahun ini.