Home » Tech News » “Guru Bangsa Tjokroaminoto” Suguhkan Pesan Moral Bagi Penikmat Film Indonesia

“Guru Bangsa Tjokroaminoto” Suguhkan Pesan Moral Bagi Penikmat Film Indonesia

Guru Bangsa Tjokroaminoto Suguhkan Pesan Moral Bagi Penikmat Film Indonesia
Suasana Syuting Guru Bangsa Tjokroaminoto (Gambar: Geotimes)

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto ini menyajikan fakta dan tafsir sejarah pergerakan sosial kehidupan dan asal usul dari bangsa Indonesia yang pada masa itu masih bernama Hindia-Belanda.

Pada film yang berdurasi 137 menit ini, penonton disuguhkan beberapa scene gambar dari beberapa kota seperti Yogyakarta dan Semarang meskipun sebenarnya latar cerita film di Kota Surabaya. Perlu diketahui bahwa riset pada pembuatan film butuh dua tahun dengan proses pengambilan gambar satu bulan dan  waktu persiapan dua bulan.

Pemeran dari tokoh Tjokroaminoto adalah Reza Rahardian, dimana Sosok Tjokroaminoto merupakan keturunan ningrat yang peduli akan rakyat jelata. Tjokroaminoto sendiri merupakan orang yang kokoh akan pendirian, pandai dan juga berani.

Didalam film ini Tjokroaminoto merupakan orang yang suka berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain atau hijrah. Maksud hijrah disini adalah berpindah dari tempat buruk ketempat yang lebih baik. Disaat itulah beliau akhirnya dapat mengenal suatu pergerakan atau sebuah organisasi yang akhirnya mengantarkan beliau ke satu titik pemikiran bahwa bangsa ini harus memimpin dirinya sendiri. Disaat itu juga juga beliau membangun sebuah perkumpulan atau organisasi bernama Sarekat Islam.

Banyak sekali pesan moral yang dapat penonton dapatkan dari adegan-adegan di film “Guru Bangsa Tjokroaminoto”. Misalnya saat beliau mengatakan, ”Tidak ada yang salah dengan pikiran-pikiran yang datang ke tanah ini. Yang bahaya adalah kekerasan-kekerasan yang menggerakkannya”. Beliau sendiri merupakan seorang yang ahli di bidang politik tapi sangat membenci tindak kekerasan dan tindakan beliau sangat didukung oleh istrinya Soeharsikin yang di perankan Putri Ayudy.

Selain mengusung artis muda yang berbakat, ada juga akting spesial dari Maia Estianty yang juga cicit dari HOS Tjokroaminoto dan dalang Sudjiwo Tedjo. Film ini juga diwarnai pemain kawakan berpengalaman, seperti Christine Hakim dan Didi Petet, serta mendiang Alex Komang yang meninggal dunia belum lama ini.

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>