Home » Internet » Mesin Pencari » Google Search History Sekarang dapat Diunduh

Google Search History Sekarang dapat Diunduh

google-search-history
google search history (gambar : dkszone)

Anda yang sering berselancar di internet pasti menggunakan Google untuk melakukan pencarian. Google sendiri adalah sebuah mesin pencari atau istilah populernya adalah search engine. Hingga saat ini termasuk di Indonesia, Google search engine masih menjadi pilihan utama dalam berselancar di dunia maya. Dari semua situs yang pernah Anda kunjungi melalui Google, semua itu tersimpan di Google search history. Semuanya dapat Anda lihat dan dibuka kembali melalui Google history.

Google serach history sejatinya adalah catatan yang menyimpan semua aktivitas Anda saat mengunjungi sebuah situs. Termasuk kata kunci (keyword) yang pernah Anda ketikkan di mesin pencari. Semua itu terekam secara otomatis dan tersimpan dalam browser. Semakin banyak situs yang dibuka dalam kurun waktu tertentu, maka catatan dalam Google search history akan semakin menumpuk. Inilah yang menyebabkan loading Anda berat, karena sejarah penelusuran Anda dari waktu ke waktu masih tersimpan. Bahkan ada yang sampai berbulan-bulan.

Idealnya, Google search history ini segera dihapus setelah pemakaian dalam beberapa jam. Kalau tidak, ini akan memberatkan loading dan bisa-bisa terjadi “not responding”. Namun ada beberapa orang yang tidak ingin menghapusnya. Alasannya, untuk mengetahui apa saja yang telah mereka lakukan di internet. Oleh karena itu, Google menyediakan fitur download/unduh dalam Google search history.

Bagi Anda yang ingin mendownload Google search history, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini. Buka halaman Web and App Acitivity, lalu login menggunakan akun Anda. Setelah itu klik ikon roda gigi (gear) yang berada di pojok kanan atas, dan klik download (unduh). nanti akan terdapat pesan yang berisi peringatan, kemudian klik Create Archive (buat arsip). Setelah transfer selesai, Anda akan menerima pemeberitahuan melalui email. Nantinya, email tersebut akan memandu Anda pada link yang berisi Google search history.

Sumber : PCMag Asia

 

Have your say!

0 0