Home » Tech News » Google Rilis Aplikasi Penghemat Internet untuk Android, Datally

Google Rilis Aplikasi Penghemat Internet untuk Android, Datally

Google baru saja memperkenalkan sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna smartphone Android menghemat penggunaan data yang masih cukup mahal di sejumlah negara berkembang. Saat ini, aplikasi bernama Datally sudah tersedia untuk diunduh di Google Play.

Secara umum, aplikasi menampilkan konsumsi data oleh aplikasi dan memungkinkan pengguna mematikan transmisi data yang dipakai oleh aplikasi tertentu, manajer produk Google Josh Woodward mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara. Datally juga menyediakan direktori jaringan Wi-Fi terdekat yang memuat komentar pengguna mengenai kualitasnya.

Google Rilis Aplikasi Penghemat Internet untuk Android, Datally

Penawaran ini merupakan yang terbaru dari Google Next Billion Users, sebuah usaha internal untuk membuat layanan internet lebih mudah diakses oleh orang di negara-negara di mana infrastruktur teknologi tidak berkembang secapat Amerika Serikat atau Eropa Barat.

Sebelumnya, Google mengumumkan aplikasi pembayaran peer-to-peer yang ditujukan untuk konsumen India dan versi ringan YouTube Go yang menggunakan bandwidth rendah.

Beberapa fungsi Datally tersedia di dalam halaman pengaturan smartphone Android, namun Woodward berharap aplikasi khusus akan mempermudah pemahaman opsi-opsi yang tersedia. Selama pengujian Datally, pengembang aplikasi di dalam dan di luar Google pada awalnya mengungkapkan kekhawatiran tentang efek akibat membatasi penggunaan data. Namun Woordward mengatakan, Datally memungkinkan pengguna memberikan akses data ke aplikasi yang paling sering digunakan.

Berbicara tentang aplikasi baru, Caesar Sengupta, Vice President, Next Miliar Users dalam sebuah blogpost mengatakan, “Datally membantu Anda mengendalikan, menghemat lebih banyak dan melakukan hal yang lebih dengan data Anda. Kami telah menguji Datally di Filipina selama beberapa bulan terakhir, dan penggunanya dapat menyimpan hingga 30 persen dari total konsumsi datanya.”

Datally sekarang sudah bisa diunduh dari Google Play secara cuma-cuma.