Android

Google Play Store Lebih Unggul dari App Store dalam Jumlah Download, Tapi…

JATIMTECH.com – Menurut laporan dari perusahaan analis aplikasi App Annie, Google Play Store lebih unggul dari App Store dalam hal jumlah download aplikasi. Jumlah download yang besar ini dikarenakan saking banyaknya smartphone yang menggunakan sistem operasi Android ketimbang perangkat iOS yang hanya berjalan di iPhone, iPad, dan juga iPod Touch.

Menurut laporan tahunan App Annie, jumlah aplikasi Google Play Store yang terdownload 100% lebih banyak, atau 2 kali dari total download aplikasi di Apple App Store di tahun 2015.

Namun, jumlah aplikasi App Store yang terdownload belum terakumulasi semua. Menurut 9to5Mac, App Annie tidak bisa melacak aplikasi pihak pertama dari Apple seperti GarageBand dan Pages and Numbers. Jadi masih ada kemungkinan, perbedaan jumlah download aplikasi iOS dibandingkan dengan aplikasi iOS kurang akurat.

Meskipun Play Store mendominasi total download aplikasi, tapi pendapatan toko aplikasi Apple App Store meraup lebih banyak pendapatan di tahun 2015. Menurut Venture Beat, total pendapatan Apple App Store 75% lebih banyak ketimbang pendapatan Play Store.

Sumber pendapatan App Store ini ditengarai karena pertumbuhan pasar di Amerika, Jepang, dan terutama Cina, dimana Apple meraih keuntungan yang begitu besar.

Dengan fakta-fakta diatas, dapat disimpulkan bahwa iOS memiliki market share yang lebih rendah dari Android, namun penggunanya lebih gemar membeli in-app purchases dan layanan digital lainnya.