Internet

Google Person Finder untuk Korban Gempa Nepal

Baru-baru ini terjadi bencana gempa yang sangat dahsyat. Gempa tersebut melanda salah satu negara di Asia Selatan, Nepal. Menanggapi bencana tersebut, Google mengaktifkan alat untuk menemukan korban gempa yang mereka sebut dengan Google Person Finder. Dengan adanya Google Person Finder, diharapkan akan banyak membantu dalam pencarian korban gempa yang terjadi di negara yang dilalui Mount Everest itu.

Gempa Nepal yang terjadi pada hari Sabtu kemarin berpusat di antara Kota Pokhara dan Kota Kathmandu yang merupakan Ibukota  dari negara Nepal. Gempa dengan kekuatan 7,9 skala Richter itu meluluhlantahkan bangunan-bangunan di pusat Kota Nepal. Sebanyak 2.300 orang lebih menjadi korban gempa di Nepal. Diantaranya korban meninggal, korban luka-luka, dan korban hilang.

Oleh karena itulah, Google berencana membantu para korban bencana di Nepal dengan sebuah alat yang baru saja mereka aktifkan. Alat ini sangat mudah diakses melalui perangkat komputer ataupun perangkat mobile. Google Person Finder memudahkan tim relawan untuk menemukan para korban gempa. Alat Google ini juga mampu membagikan informasi tentang data diri seseorang pada wilayah tertentu.

Cara kerja dari Google Person Finder sendiri sangatlah sederhana. Mereka yang sedang mencari seseorang dapat mengirim informasi terkait identitas yang mereka tahu tentang seseorang. Seperti nama, nama alternatif, jenis kelamin, usia, alamat rumah, atau deskripsi lain yang dapat membantu pencarian korban. Pengguna Google Person Finder dapat mengupload foto atau memasukkan URL satu persatu. Alat ini dapat menambahkan link pada profil jaringan sosial seseorang.

Sumber : PCMag Asia