Google Menutup Nexus 5, Selamat Datang Nexus 6

Beberapa media online hari ini memberitakan bahwa Google menutup Nexus 5, dan ucapkan salam perpisahan kepada produknya itu. Seakan-akan Nexus 5 akan tutup usia hari ini juga dan saatnya beralih pada Nexus selanjutnya.

Mungkin Google harus berpikir keras untuk menutup Nexus 5. Ini jelas karena persediaan Nexus 5 masih cukup banyak untuk memenuhi gudang penyimpanan. Adalah suatu masalah besar jika Nexus 5 harus terbuang begitu saja.

Isu tentang rencana Google menutup Nexus 5 memanglah bukan rahasia besar. Pada akhir tahun 2014 yang lalu, Google pernah membuat pernyataan “jika Nexus 5 benar-benar pergi, kami sarankan agar orang-orang membelinya selagi bisa”. Buat Anda yang ingin mendapatkannya sekarang, mungkin Nexus 5 masih ada. Tapi Anda harus membelinya langsung dari Google Store.

nexus-5
nexus 5 (gambar : ggpht)

Saat diwawancarai oleh The Verge, salah seorang perwakilan dari Google mengatakan jika waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba. Sekarang Google akan fokus pada Nexus 6 yang tinggal menunggu waktu untuk dilepas ke pasaran.

Jika Anda telah lama mengincar Nexus 6, maka saat ini adalah waktu yang tepat. Khusus untuk pengguna Verizon di Amerika Serikat, mereka bisa melakukannya sejak sekarang melalui PO (pre order). Sebelum akhirnya dirilis pada 19 Maret mendatang.

Anda juga dapat melakukan transaksi pembelian versi unlocked dari smartphone Google ini. Google menyarankan untuk membeli Nexus 6 melalui Verizon, sebuah perusahaan telekomunikasi gandengan Google yang bermarkas di Amerika Serikat. Tentunya setelah Anda mendaftar dengan biaya $ 649 USD, atau setara dengan Rp 8.500.000.

Pihak Verizon Wireless mengatakan bahwa orang-orang yang membeli smartphone berbasis Android 5.1 hanya mengincar layanan gratis dari Google Play Music selama 6 bulan. Tapi untuk saat ini, pengguna akan dikenakan biaya $ 10 USD tiap bulannya, atau setara dengan Rp 130.000.

nexus-6
nexus 6 (gambar : pocket-lint)

Seandainya Google benar-benar menutup Nexus 5, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membeli Nexus 5 terlebih dahulu. Kalaupun Anda tidak berhasil mendapatkan Nexus 5, karena masih ada Nexus 6 sebagai pengganti pendahulunya itu.

Sumber : asia.pcmag

DON'T MISS