Google Mengembangkan Pil Yang Bisa Mendeteksi Kanker

Google saat ini sedang mengembangkan pil yang bisa mengirim partikel mikroskopis ke dalam aliran darah sebagai cara untuk mengidentifikasi kanker, serangan jantung dalam waktu dekat, dan penyakit-penyakit yang lainnya.

Dilansir dari Wired.com, Andrew Conrad, kepala ilmu kehidupan di dalam laboratorium penelitian Google X, mengungkapkan proyek ini dilaksanakan di California. Menurut Conrad,  Google X  membuat nanopartikel-partikel sekitar satu miliar meter, menggabungkan bahan magnetik dengan antibodi atau protein yang dapat menempel dan mendeteksi molekul lain di dalam tubuh.

Pasien akan menelan pil yang mengandung partikel-partikel ini, dan setelah pil tersebut memasuki aliran darah-mencoba untuk mengidentifikasi molekul yang akan menunjukkan masalah-kesehatan. Informasi tersebut akan akan dipantau di sebuah perangkat wearable khusus.

Dikenal sebagai “Nano Partikel Platform,” proyek ini adalah bagian dari upaya yang lebih luas di dalam Google untuk mengembangkan teknologi baru yang mampu meningkatkan kesehatan. “Pekerjaan Google X adalah untuk menyelesaikan sebuah masalah besar, untuk mencoba menemukan solusi cerdas untuk masalah besar, dan salah satu masalah kami memutuskan untuk mengatasi adalah kesehatan,” kata Conrad.

Pada bulan Januari yang lalu misalnya, Google X  meluncurkan lensa kontak yang membantu penderita diabetes memantau kadar glukosa darah melalui tetes air mata di mata mereka.

Perangkat wearable yang membaca partikel-partikel ini, Conrad mengatakan, perangkat ini bisa dikonfigurasi untuk mengirim informasi, di internet, kembali ke dokter. Sehingga sang dokter bisa memantau kesehatan pasien dengan lebih baik.

DON'T MISS

Tulis Komentar