Home » Hardware » Komputer » Google Luncurkan Stik CPU dengan Harga Rp 1 Jutaan

Google Luncurkan Stik CPU dengan Harga Rp 1 Jutaan

Semakin hari Google semakin menunjukkan kehebatannya di dunia teknologi. Hal ini terlihat dari produk terbaru yang diluncurkan Google bernama Chromebit. Produk yang berbentuk stik dongle ini mampu membuat monitor menjadi sebuah komputer.

Chromebit dapat dikatakan sebagai CPU mini dengan prosesor Quad-core Rockchip 3288 dengan GPU ARM Mali 760. Penyimpanannya pun cukup lega dengan dibenamkannya memori internal berkapasitas 16GB dan memori RAM 2GB, seperti yang dilaporkan oleh AndroidCentral (31/03/15).

Sebagai pendukung hubungan dengan perangkat lain, Chromebit mengandalkan port USB, HDMI, Wi-Fi 802.11ac, dan bluetooth 4.0. Dengan spesifikasi tersebut, Anda dapat menikmati komputer seutuhnya meski hanya berbekal stik kecil dengan harga Rp 1 jutaan.

Google harus terus berinovasi, melihat pesaingnya Intel juga membuat produk serupa dengan harga nyaris mendekati Rp 2 juta. Chromebit akan segera dipasarkan pada pertengahan tahun ini.

Keberhasilan Chromebit ini tidak terlepas dari kerja sama apik antara Google dengan Asus. Melihat kehebatan dari Chromebit sendiri, Google sepertinya telah puas dengan hasil kerja Asus. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan bahwa Asus akan dijadikan partner lagi untuk produk Google selanjutnya.