Home » Tech News » Google Luncurkan Alat untuk Mendeteksi Ujaran Kebencian

Google Luncurkan Alat untuk Mendeteksi Ujaran Kebencian

Google dan ProPublica berkolaborasi menciptakan alat baru yang mampu melacak kejahatan dan kebencian di seluruh Amerika Serikat.

Google News Lab sedang mengembangkan alat baru yang didukung mesin pembelajaran bertajuk “Documenting Hate News Ending,” yang melacak setiap kejahatan kebencian yang dilaporkan di 50 negara bagian dengan menggunakan data yang dikumpulkan mulai Februari 2017 dan seterusnya.

Alat ini dikembangkan sebagai bagian dari ” Documenting Hate project,” yang diluncurkan Januari ini oleh ProPublica. Teknologi didukung oleh berita dan organisasi media digital lainnya, universitas, dan kelompok hak-hak sipil, termasuk Southern Poverty Law Center.

Alat ini menampilkan daftar artikel yang diambil dari berbagai situs web yang cenderung tertinggal, termasuk HuffPost, BuzzFeed, Mic, Think Progress, dan bahkan publikasi pro-Antifa Unicorn Booty. Alat memuat berita Google News dan menyaringnya melalui alat analisis bahasa alami Google untuk membatasi hasilnya untuk kawasan Amerika.

Menurut TechCrunch , Google menggunakan proyek ini sebagai “titik awal” untuk mendokumentasikan dan mempelajari ujaran kebencian menggunakan teknologi dan sistem yang terkendali.

“Umpan dihasilkan dari artikel berita yang mencakup acara yang menunjukkan adanya kejahatan kebencian, bias atau pelecehan – seperti grafiti anti-semit atau laporan pengadilan mengenai insiden,” kata editor Data Gogle News Lab, Simon Rogers. “Dan kami memantaunya untuk melihat cerita-cerita aneh yang berkembang, mencari frasa yang menyertakan kata ‘benci’ – belum terjadi memang, tapi kami akan mengamatinya.”

Kebencian dan sejenisnya tampaknya kini menjadi salah satu perhatian serius Google. Belum lama ini mereka juga menendang aplikasi Gab yang dianggap menyebarkan kebencian dan hasutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>