Home » Sains » Goodyear Ciptakan Ban yang Bisa Hasilkan Listrik

Goodyear Ciptakan Ban yang Bisa Hasilkan Listrik

Goodyear Ciptakan Ban yang Bisa Hasilkan Listrik
Ban Goodyear BHO3

Goodyear dikenal sebagai salah satu produsen ban terbesar di dunia dan kerap menghadirkan inovasi dan teknologi ban. Bekerja sama dengan Rubber Co yang juga merupakan produsen ban, pada pameran mobil di Jenewa perusahaan ini memperkenalkan sebuah konsep ban yang bisa menghasilkan listrik untuk digunakan mobil listrik.

Kebanyakan mobil listrik saat ini hanya bisa mencapai jarak sekitar 160 kilometer dalam sekali mengisi baterai. Namun dengan teknologi yang ditawarkan oleh Goodyear, ban yang bergulir dapat diubah menjadi energi listrik.

Dilansir JatimTech, Minggu (8/3/2015) dari Dallas News, juru bicara Goodyear mengatakan bahwa konsep BHO3 akan memungkinkan ban membantu mengisi ulang baterai mobil listrik dengan mengubah panas dari ban yang bergulir menjadi energi listrik.

Konsep ban yang bisa menghasilkan listrik

Panas yang dihasilkan ban akan diubah menjadi listrik

“Kami membayangkan di masa depan nanti produk kami menjadi lebih terintegrasi dengan kendaraan dan konsumen, lebih ramah lingkungan dan lebih fleksibel,” ungkap Joe Zekoski selaku wakil presiden senior dan kepala petugas teknis di Goodyear.

Ban melentur di saat memutar dan menciptakan panas. Material di ban BHO3 mampu menangkap panas tersebut dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Teknologi BHO3 ini tentu sangat membantu mengingat pertumbuhan mobil listrik yang signifikan. Dengan teknologi ini diharapkan kendaraan listrik dapat menjangkau jarak yang lebih jauh lagi dan lebih efektif dalam pengisian baterai.

Sumber: Dallas News

Written by
Murdianto adalah lulusan sarjana Informatika. Memiliki ketertarikan di bidang software aplikasi mobile maupun desktop.