Poin penting

  • Pengguna layanan email gratis seperti Yahoo dan Gmail membayar biaya layanan dengan cara membagikan informasi personalnya.
  • Data pengguna yang tersimpan di email digunakan untuk iklan tertarget
  • Informasi personal akan tersimpan di database perusahaan penyedia layanan meskipun tidak lagi menggunakan layanan.

Tahukah Anda layanan email gratis seperti Gmail dan Yahoo Mail tidak benar-benar gratis? Anda membayar biaya layanan mereka dengan privasi. Ketika Anda mendaftar kemudian menyetujui Syarat dan Ketentuan, Anda mungkin melewatkan detail kecil, para penyedia layanan email gratis tersebut mendapat ijin untuk memindai dan menganalisa setiap email yang Anda kirim.

Mengutip Komando (24/01/20), inbox email Anda memuat detail profil dan informasi kehidupan Anda. Semua pesan personal Anda, seperti catatan medis atau keuangan, selamanya tersimpan di server penyedia layanan email. Mereka menggunakan data tersebut untuk menargetkan iklan yang akan mengikuti Anda; dimanapun di internet, atau menjual profil Anda ke penawar iklan tertinggi.

Ketika mendaftar email gratis, Anda telah rela informasi rahasia dibagikan. Menurut Statista, orang-oranng saling bertukar email lebih dari 306 miliar email setiap harinya. Tidak terbayangkan berapa banyak data yang ada di tiap email tersebut.

Kotak masuk email Anda adalah pusat informasi kehidupan digital Anda. Banyak sekali data personal yang ada disana. Sebut saja, tanda terima belanja, tagihan bulanan dari Bank, dan informasi personal lainnya.

Jika Anda menggunakan layanan email gratis, ini artinya semua informasi tersebut langsung masuk ke kantong perusahaan besar teknologi. Jika Anda pengguna Gmail, data-data berikut ini yang akan Google ketahui:

  1. Pembelian Anda
  2. Aktifitas web dan aplikasi
  3. Penelusuran Youtube dan riwayat video yang Anda tonton
  4. Reservasi Anda
  5. Langganan Anda
  6. Riwayat lokasi Anda

Tentu Anda bisa memilih untuk berhenti menggunakan layanan ini. Namun data yang sudah dikumpulkan Google masih akan tersimpan di database-nya. Anda tidak bisa mengambil kembali data yang sudah tersimpan tersebut.

Tagged in:
,

About the Author

Putra Jatmika

Putra Jatmika adalah penulis di Jatimtech yang menulis topik tentang teknologi dan tutorial aplikasi yang membantu membuat hidup orang lebih mudah.

View All Articles